Kwarcab Kota Yogya Peringati Hari Bapak Pramuka Indonesia 2022

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX tahun 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan di bumi perkemahan Ambarbinangun ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Yogya, Heroe Poerwadi menjelaskan gerakan pramuka harus bisa menjadi contoh dan harus tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, semoga kita bisa lebih kuat dan lebih maju.

Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia tahun 2022 mengangkat tema 'Meneladani Dedikasi Bapak Pramuka Indonesia Dengan Meningkatkan Peran Aktif Pramuka Dalam Membangun Masyarakat'.

"Keteladanan yang diberikan Sri Sultan HB IX adalah ketika duet Proklamator, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia, Sri Sultan HB IX sebagai raja langsung menyatakan wilayahnya menjadi bagian dari Republik Indonesia," tandasnya di lokasi, Selasa (12/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Heroe menceritakan bahwa semangat kecintaan Sri Sultan HB IX kepada negara juga ditunjukkan ketika beliau dengan senang hati menerima Presiden Soekarno dan para pemimpin negara lainnya yang terpaksa mengungsi karena Ibukota Jakarta diduduki kembali oleh Belanda pada masa perang kemerdekaan antara tahun 1946-1949.

"Tidak tanggung-tanggung, beliau bahkan sangat aktif dalam gerakan pendidikan kaum muda tersebut. Hal ini dibuktikan ketika Sri Sultan HB IX menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka selama beberapa periode dari tahun 1961-1973," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya berpesan agar Gerakan Pramuka harus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kepatuhan protokol kesehatan.

Dengan begitu, tambahnya, roda perekonomian juga ikut bangkit. Gerakan Pramuka harus bisa menyampaikan narasi yang baik ditengah masyarakat.

"Ini bertujuan agar membangkitkan kepercayaan diri serta membangun optimisme. Kita adalah bangsa besar, bangsa yang kuat, dan bangsa yang maju. Gerakan Pramuka harus bisa menjadi contoh dan harus tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, semoga kita bisa lebih kuat dan lebih maju," katanya. (Han)