Wawali Berikan Pembinaan Bagi Ketua Kampung

Penguatan kapasitas perangkat wilayah seperti ketua kampung, Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) menjadi faktor penting terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan semakin kuatnya kelembagaan di wilayah, diharapkan mampu memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakatnya.

"Penguatan kelembagaan ini sangatlah diperlukan. Perangkat wilayah sebagai garda terdepan pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat mempunyai peran sangat penting dalam pembangunan, khususnya di wilayah,” ujar saat penguatan kampung, di Balaikota Rabu (13/4/2022).

Untuk itu, pihaknya mengajak perangkat wilayah agar dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. "Dimana muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat, tetap menjaga kerukunan antar warga,” pungkasnya

Wawali mengungkapkan kampung juga menjadi suatu unit pembangunan yang penting, dimana terjadi kerja sama dalam kegiatan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat antara RT, RW, Kampung dan LPMK.

Pada kesempatan tersebut, Heroe juga meminta kepada ketua kampung agar mendata warganya yang belum melakukan vaksinasi, terutama vaksinasi tahap tiga.

"Ini untuk mengantisipasi meningkatnya mobilitas dan interaksi sosial selama Ramadan dan Lebaran. Ini harus dimitigasi dengan peningkatan rasio dan pemerataan vaksinasi, sehingga risiko penularan bisa ditanggulangi," katanya. (Han)