Kota Yogya Raih Penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha 2022

Kota Yogya terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) atau Reka Cipta Bhakti Nugraha tahun 2022 tingkat DIY yang diserahkan langsung oleh Gubernur DIY.

Ketua Tim Penilai Independen penghargan tersebut, Gatot Saptadi mengatakan penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota dalam hal perencanaan pembangunan terbaik berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

"Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota yang dapat menunjukkan kinerja terbaik dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan, yang ditandai dengan tersusunnya dokumen perencanaan yang berkualitas, pelaksanaan pembangunan yang sesuai dengan perencanaan serta kemampuan berinovasi dalam mencapai sasaran pembangunan yang telah direncanakan," jelasnya di gedong Pracimosono, Kamis,  (14/4/2022).

Untuk Kota Yogya sendiri, kata Gatot, inovasinya adalah progam kampung sayur.

Menurutnya program ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga berpengaruh terhadap angka ketimpangan pendapatan.

"Dan yang paling penting tentunya sebagai salah satu bentuk ketahanan pangan warga di tataran terbawah, bagaimana menyelaraskan antara pemanfaatan lahan yang tidak terpakai untuk meningkatkan Pola Pangan Harapan (PPH) sehingga terciptanya masyarakat yang sehat, kuat dan berdaya," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Wawali menjelaskan kampung sayur merupakan inovasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan setempat dengan proyek percontohan pertama di Kampung Sayur Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo.

"Program tersebut kemudian dapat berkembang dan meluas ke berbagai area," jelasnya. (Han)