Vaksinasi Booster dan Prokes Kunci Hadapi Libur Panjang

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melaksanakan jamaah Salat Tarawih pada Kamis (14/4) di Masjid Al Karim Tahunan Umbulharjo dalam rangkaian Safari Tarawih Pemkot Yogyakarta dengan didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala BUMD, Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Lurah se-kemantren Umbulharjo dan tokoh masyarakat setampat. Kegiatan tersebut merupakan bentuk silaturahmi  Pemkot Yogyakarta ke masjid-masjid guna membangun sinergitas di era pandemi.

“Alhamdulillah saat ini kasus sudah menurun tajam hingga dibawah angka lima per hari sehingga kita bisa menjalankan ibadah Ramadan dengan lebih baik dari tahun lalu. Keberhasilan ini tak lepas dari peran serta masyarakat, termasuk di dalamnya adalah takmir masjid Al Karim beserta jamaahnya yang telah melakukan vaksinasi dan disiplin dalam menjalankan prorokol kesehatan (prokes)," ujar Heroe Poerwadi.

Berkaitan dengan adanya libur panjang pada Hari Raya Idul Fitri, Heroe meminta agar masyarakat tetap bersikap hati-hati dan disiplin dalam menerapkan prokes guna mengantisipasi dampak mudik dan wisatawan yang akan membanjiri Yogyakarta. Pihaknya juga berharap agar masyarakat yang belum vaksin booster untuk segera melakukan vaksinasi di Puskesmas setempat agar lebih kuat daya tangkalnya terhadap Covid-19.

Ketua Takmir masjid Al Karim Jumali menyampaikan bahwa masjid tersebut dibangun tahun 1981 diatas tanah wakaf dari Mulyo Harjono. Dulu bangunan masjid masih sederhana dan setelah dilakukan renovasi maka masjid Al Karim menjadi megah seperti sekarang ini.

“Masjid ini merupakan sarana ibadah sekaligus sarana membangun kesejahteraan jamaah. Kegiatan ibadah kami lakukan dalam bentuk salat berjamaah, peningkatan pengetahuan keagamaan melalui pengajian-pengajian rutin dan pendidikan karakter anak sejak dini melalui TPA. Sementara untuk peningkatan kesejahteraan sosial kami lakukan dengan kegiatan bakti sosial dan pembinaan generasi muda masjid," kata Jumali.

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan dana untuk masjid sebesar Rp 10 juta yang merupakan donasi dari BUMD milik Pemkot (Bank Jogja, PDAM Tirta Marta, Jogjatama Vishesha), Bank BPD DIY dan Baznas Kota Yogyakarta. Selain dalam bentuk dana juga diserahkan mushaf Alquran dari Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakarta dan buku untuk perpustakaan masjid dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta serta kemasan air mineral produk PDAM Tirta Marta Yogyakarta. (ant)