Antisipasi Kurangnya Stok Kantong Darah, PMI Kota Yogya Gelar Donor Darah Massal

Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan stok kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta menggelar donor darah di Masjid Gede Kauman.

Wakil Walikota, yang juga merupakan ketua PMI Kota Yogya, Heroe Poerwadi mengatakan salah satu upaya yang selalu dilakukan PMI Kota Yogya untuk menambah stok kantong darah adalah dengan menggelar donor darah massal.

"Selama bulan Ramadan, donor darah massal ini dilakukan menjelang berbuka atau usai shalat tarawih," ujarnya di lokasi, Selasa (19/4/2022).

Heroe mengungkapkan sampai saat ini permintaan masyarakat akan darah juga belum mengalami penurunan sehingga upaya penambahan stok tetap harus dilakukan secara optimal.

"Stok darah untuk semua golongan darah di PMI Kota Yogya tersedia, namun stok paling sedikit adalah untuk golongan darah AB," bebernya.

Dari kegiatan donor darah massal tersebut, Wawali berharap bisa menambah sekitar 500 kantong darah untuk meningkatkan stok.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dalam donor darah massal ini, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah stok kantong darah yang signifikan,"ujarnya. (Han)