Taman Serambi Surga Alternatif Wisata di Sekitar Malioboro

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit baik di kalangan wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara dan Malioboro merupakan salah satu iconnya.

Sebagai icon maka harus dipercantik dan dilakukan berbagai strategi agar daya tariknya tidaklah pudar. Salah satu yang dilakukan adalah menjadikan Maliboro sebagai kawasan pedestrian dan memperindah kawasan di sekitar Malioboro agar bisa menjadi penyangga dan alternatif destinasi wisata perkotaan.

Pemerintah kota Yogyakarta mengapresiasi apa yang telah dilakukan warga Ledok Macanan yang membangun kawasan di bantaran Sungai Code menjadi destinasi wisata. Hal itu disampaikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta dalam peresmian Taman Serambi Surga (Suryatmajan River Garden) pada Jumat (22/4) di Ledok Macanan, Suryatmajan, Yogyakarta.

Persaingan industri pariwisata antar daerah semakin ketat dimana banyak daerah lain yang juga menciptakan dan meningkatkan kualitas destinasi wisata di wilayahnya. Oleh karena itu keberadaan Taman Serambi Surga akan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan lama huni wisatawan.

Sebagai destinasi wisata selain mempercantik lingkungan juga meningkatkan sumber daya manusia agar masyarakat bisa beradaptasi dan mendukung keberadaan destinasi wisata tersebut.

“Lakukan penataan lingkungan agar jalur masuk dan keluar wisatawan asri, aman dan nyaman bagi wisatawan dan buat SOP bagaimana dan siapa yang akan menerima wisatawan dan apa yang harus dilakukan masyarakat ketika ada wisatawan,” kata Heroe.

Ketua LPMK Suryatmajan Paryanto menyampaikan bahwa Taman Serambi Surga merupakan upaya untuk menata kawasan bantaran sungai agar menjadi indah, asri dan nyaman.

“Dulu kawasan itu merupakan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar dan Alhamdulillah sekarang menjadi asri dan nyaman serta layak menjadi destinasi wisata penyangga Malioboro,” papar Paryanto

Berkat kerja keras dan dukungan berbagai pihak maka kampung Mrantasi  Ledok Macanan bisa membangun Taman Serambi Surga dengan berbagai potensi didalamnya seperti gazebo, taman, spot foto dan mural.

Taman Serambi Surga yang terletak di timur Malioboro dihias dengan berbagai mural di dinding sepanjang jalan menuju taman dan terdapat Sekar Mataram yang memproduk batik Sibori, Jumputan dan Ecoprint dalam berbagai produk fesyen, Ngontel Heritage Tour yang merupakan wisata mengunjungi heritage Banon Anim, Prasasti Tetenger, Grand Inna dan kantor DPRD DIY yang dilakukan dengan sepeda ontel. Dan para wisatawanb bila ingin berkunjung bisa menghubungi pengelola di Ledok Macanan DN.I/299, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta dengan alamat email : danarkaloka@gmail.com.

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta Ririk Banowati Permanasari  mengapresiasi dan mendukung pengembangan Taman Serambi Surga agar menjadi destinasi wisata yang asri, aman dan nyaman.

“DPRD Kota Yogyakarta mendukung upaya peningkatan fasilitas Taman Serambi Surga guna lebih asri, aman dan nyaman serta mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Ledok Macanan,” urai Ririk

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan Taman Serambi Surga dengan memotong pita dan menandatangani prasasti Acara peresmian dilanjutkan dengan fashon show busana batik karya Sekar Mataram dan diakhiri menikmati sajian kuliner Ledok Macanan

Turit hadir dalam peresmian anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto dan Bambang Seno Baskoro, Mantri Pamong Praja Danurejan dan Lurah Suryatmajan serta tokoh masyarakat Suryatmajan. (ant)