Pentingnya Pendampingan Anak Saat Akses Internet

Munculnya penyalahgunaan kemajuan teknologi di kalangan anak-anak ditandai dengan maraknya game yang mengajari anak untuk melakukan kekerasan terhadap sesama dan game berbonus porno.

Aplikasi game tersebut secara tidak langsung telah membentuk perilaku anak menjadi  tega melakukan kekerasan terhadap sesama.  Oleh karena itu orang tua, keluarga dan masyarakat baik di sekolah, tempat ibadah maupun kampung hendaknya mewaspadai kegiatan anak dan mendampinginya saat bermain game.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam penyerahan bantuan masjid  pada Minggu (24/4) di Masjid Ar Rasyiid, Purwanggan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.

Saat ini, RW di kota Yogyakarta telah dipasangi wifi termasuk lingkungan sekolah dan tempat ibadah. Hal ini agar memudahkan proses pembelajaran daring, memudahkan UMKM dalam melakukan usaha  berbasis digital dan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi melalui internet.

Disisi lain kemudahan fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain game oleh karena itu Pemkot berharap agar di setiap titik wifi ada pengawasan dari orang dewasa atas penggunaan akses internet tersebut.

“Jangan sampai kemudahan fasilitas tersebut justru berimbas pada naiknya perilaku negatif anak akibat pengaruh dari game yang dimainkan,” kata Heroe.

Mensikapi hal itu Ketua Takmir Masjid Ar Rasyiid Aan Sujati menuturkan bahwa masjid yang dikelolanya telah menerapkan pengawasan dan pendampingan pada anak saat bermain hand phone di lingkungan masjid.

“Pengawasan dan pendampingan dilakukan oleh guru TPA pada saat pembelajaran maupun istirahat,” jelas Aan.

Selain itu anak-anak juga kami ajak untuk melakukan kegiatan bakti sosial berupa Jumat Berkah yang membagikan konsumsi untuk jamaah salat Jumat dan membantu pemenuhan gizi bagi warga kurang mampu yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui dan anak bawah tiga rahun. Terselenggaranya berbagai kegiatan itu dari bantuan para donatur dan dukungan RT, RW dan Kampung.

“Melalui ragam kegiatan sosial tersebut agar anak-anak memiliki jiwa welas asih pada sesama dan peduli serta rela berbagi,” imbuh Aan.

Penyerahan Dana Bantuan Masjid senilai Rp.2 juta diserahkan oleh Wakil walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada Ketua Takmir Masjid Ar Rasyiid Aan Sujati. Selain itu juga diserahkan bantuan sosial oleh Mantri Pamong Praja Pakualaman dan Lurah Purwokinanti pada masyarakat secara simbolis. (ant)