Wawali Serahkan Bantuan Renovasi Masjid

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan renovasi masjid sebesar Rp 10 juta kepada Masjid Al Husna pada Senin (25/4) di Badran Yogyakarta. Penyerahan bantuan dilaksanakan usai Salat Isya diterima oleh Ketua Takmir Masjid Al Husna. Rencananya dana bantuan akan digunakan untuk memasang keramik lantai masjid agar jamaah semakin nyaman dalam beribadah di masjid.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa masjid merupakan sarana ibadah sekaligus tempat pembelajaran masyarakat. Melalui kegiatan di masjid masyarakat bisa belajar tentang keagamaan dan kemasyarakatan. Melalui kajian-kajian Alquran, masyarakat akan dituntun cara beribadah dan melalui ajaran atau sunah nabi, masyarakat akan belajar hidup bermasyarakat dan berbudi pekerti luhur.

“Oleh karena itu hubungan antara masjid dengan masyarakat harus sinergis dalam satu kesatuan komunitas yang saling jaga dan saling dukung,” kata Heroe.

Untuk itu, Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya meningkatkan fasilitas layanan tempat ibadah melalui Kantor Kementerian Agama dengan memberikan bantuan dana untuk rehab masjid sebesar Rp 10 juta. Diharapkan bantuan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas ibadah dengan memberikan rasa nyaman bagi warga yang sedang beribadah agar  makin meningkat frekuensi kegiatannya.

“Sebentar lagi akan ada libur panjang dimana banyak orang akan mudik dan berwisata ke Yogyakarta. Kondisi itu bisa berdampak pada kenaikan angka Covid-19 di Kota Yogyakarta bila masyarakat tidak disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” urai Wawali.

Oleh karena itu melalui masjid sebagai pusat aktivitas warga diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam penerapan protokol kesehatan. Dengan harapan agar warga bisa beribadah dan menikmati liburan bersama keluarga dengan aman dan nyaman. Saat ini pencapaian vaksin booster di Kota Yogyakarta telah mencapai 74 persen yang diharapkan telah terbangun kekebalan di masyarakat (herd immunity).

Ketua Takmir Masjid Al Husna Mugiyanto menuturkan kesiapannya beserta pengurus takmir untuk turut serta dalam upaya penerapan protokol kesehatan di masyarakat. “Kegiatan ibadah dan kemasyaralatan yang dilakukan oleh warga jamaah Masjid Al Husna akan senantiasa menerapkan prorokol kesehatan dan kami juga telah mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin booster,” jelas Mugiyanto. (ant)