Sumringah Karangwaru Latih Anak Ikuti Ajaran Nabi

Keluarga Lukman adalah salah satu contoh yang ada dalam Alquran dan dikisahkan bahwa Lukman sebagai kepala keluarga senantiasa melindungi dan mengayomi anggota keluarganya serta membimbing dalam ibadah sebagaimana perintah Alloh SWT. Ibadah yang dilakukan Lukman tidak sebatas vertikal dengan menyembah Alloh SWT semata namun juga berisi ajaran ketauladanan dalam berkeluarga dan bermasyarakat.

Melihat kondisi saat ini dimana muncul permasalahan kenakalan anak-anak yang bisa mengarah pada perbuatan kriminal dan adanya masalah kekurangan asupan gizi pada anak sejak di kandungan hingga usia dua tahun yang berdampak pada stunting. Oleh karena itu apa yang menjadi nasehat Lukman perlu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Ygyakarta Heroe Poerwadi saat memberikan siraman rohani seusai melakukan jamaah salat tarawih pada Selasa (26/4) di Masjid Istiqomah Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Wawali juga menyampaikan bahwa masjid memiliki peran strategis dalam turut serta melaksanakan program pemerintah melalui edukasi yang disisipkan dalam kajian-kajian yang dilakukan di masjid. 

“Melalui masjid bisa dilakukan gerakan berbagi berupa sodaqoh sayur dan bahan makanan bergizi seperti telur yang bisa dikelola bersama dengan kegiatan Jumat Berkah. Melalui Jumat Berkah bahan makanan dan sayuran dikumpulkan dan dibagikan pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia dua tahun ke bawah agar di lingkungan masjid tidak terdapat warga yang mengalami stunting," kata Wawali

Ketua Takmir masjid Istiqomah Ilham Muhammad menyampaikan bahwa Masjid Istiqomah telah melakukan berbagai kegiatan keagamaan seperti  salat 5 waktu, pengajian, TPA dan Jumat Berkah. Berkaitan dengan persoalan kenakalan anak-anak, takmir bersama warga berupaya untuk melakukan pencegahan dengan mengajak anak-anak aktif di masjid. Peran serta anak-anak sebagai pengajar dan santri di TPA sesuai usia dan kemampuan masing-masing.

Ketua Panitia Ramadan Masjid Istiqomah Indah Marta menjelaskan bahwa salah satu program unggulan saat ini  adalah Sumringah atau Semangat untuk Meraih Ekonomi Karangwaru Istiqomah. Melalui Sumringah anak-anak dilatih untuk berwira usaha sebagaimana ajaran nabi yang mengutamakan sikap jujur dalam berniaga. Karena, karakter jujur merupakan kunci agar  ke depannya anak bisa menjadi pribadi unggul yang mampu memikul amanah yang diberikannya sebagai penerus.

"Selain itu anak-anak juga kami ajak untuk kembali ke masjid sebagai  upaya untuk mencerahkan hati melalui berbagai kegiatan, seperti Jumat Berkah yang bisa  melatih jiwa kesetiakawan sosial anak-anak," ujar Indah (ant)