Kampung Sudagaran Sejahtera Meningkatkan Ekonomi Berlandaskan Nilai Agama

Kampung Sudagaran yang terletak di pinggiran Sungai Winongo Kelurahan Tegalrejo Kemantren Tegalrejo berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui program Kampung Sudagaran Sejahtera. Tingginya partisipasi masyarakat dalam program Kampung Sudagaran Sejahtera karena masyarakat secara langsung merasa memiliki dan bertanggungjawab atas keberlangsungan program ini. Program ini telah dimulai sejak tahun 2021 lalu dan merupakan upaya merubah wajah Sudagaran dari kampung peternak babi menjadi kampung sejahtera.

Demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam Peresmian Program Kampung Sudagaran Tahun 2022 pada Senin (25/4) di Masjid Baabul Jannah Sudagaran Tegalrejo, Yogyakarta.

“Program Kampung Sudagaran Sejahtera merupakan kesadaran dan tekad masyarakat untuk berubah menjadi lebih baik yang menekankan aspek agama dan ekonomi. Di Sudagaran para peternak babi melakukan alih profesi antara lain menjadi pengusaha tahu, warung kelontong,” kata Heroe.

Diharapkan melalui program yang berlandaskan nilai-nilai  agama ini, akan berdampak langsung pada kegiatan ekonomi dan bergerak  menjadi lebih berkah serta melahirkan generasi penerus yang lebih baik

Ketua Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari menyampaikan bahwa dalam program Kampung Sudagaran Sejahtera telah dibentuk kelompok kerja (pokja) agama dan ekonomi.

Masing-masing pokja merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program kegiatan yang dibuat secara musyawarah mufakat. Harapannya melalui konsep kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat akan diperoleh hasil yang sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam masyarakat tersebut.

“Saat ini Baznas Kota Yogyakarta membantu Rp 24 juta untuk kegiatan ekonomi yang terbagi dalam 12 orang penerima manfaat dan Rp 27 juta untuk kegiatan keagamaan,” papar Syamsul.

Salah seorang warga Ardianto Saputra warga RT 38 merasa sangat senang di kampungnya ada program Kampung Sudagaran Sejahtera dan bisa lebih mendalami tentang agama dan belajar wirausaha. Sebagai generasi muda ia berharap agar program ini bisa terus berkelanjutan dan bisa mengubah mindset tentang kampungnya.

Dalam kegiatan itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan Baznas Kota Yogyakarta yang diterima oleh Ketua Pokja Agama dan Ketua Pokja Ekonomi dengan di dampingi Ketua Baznas, Mantri Pamong Praja Tegalrejo dan Lurah Tegalrejo. Setelah penyerahan bantuan dilanjutkan dengan buka puasa dan salat berjamaah. (ant)