Pemkot Yogya Serahkan Tali Asih POPDA 2022   

Pemerintah Kota Yogyakarta menyerahkan tali asih kepada para atlet dan pelatih peraih medali Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY tahun 2022. Pemberian tali asih itu sebagai bentuk apresiasi Pemkot Yogyakarta atas prestasi para atlet dan pelatih. Diharapkan penyerahan tali asih itu dapat memberikan semangat untuk meningkatkan prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori menyatakan Kontingen Kota Yogyakarta sudah mengikuti POPDA DIY tahun 2022 dengan baik dan meraih juara rangking kedua. Hal itu merupakan suatu kebanggan karena dibandingkan POPDA tahun-tahun sebelumnya Kota Yogyakarta lebih banyak di peringkat ketiga.

“Ini (tali asih) merupakan bentuk komitmen Pemkot Yogyakarta kepada para atlet dan pelatih sebagai bentuk penghargaan. Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama tali asih bisa diberikan,” kata Budi saat pembubaran kontingen dan pemberian tali asih POPDA DIY tahun 2022 di Kantor Disdikpora Kota Yogyakarta, Rabu (27/4/2022).

Dia menyebut total tali asih yang diberikan bagi atlet dan pelatih berprestasi POPDA 2022 mencapai sekitar Rp 395,5 juta. Dengan rincian untuk medali emas perorangan Rp 2 juta/atlet, medali emas 2 sampai 5 atlet mendapat Rp 1,7 juta/atlet, medali emas dengan 6 sampai 10 atlet dapat Rp 1,5 juta/atlet dan medali emas dengan 11 atlet atau lebih meraih Rp 1,4 juta/atlet.

Sedangkan medali perak perorangan Rp 1 juta/atlet, untuk medali perak 2 sampai 5 atlet Rp 850 ribu/atlet, perak 6 sampai 10 atlet mendapat Rp 750 ribu/atlet dan untuk  perak 11 atlet atau lebih Rp 700 ribu/atlet. Medali perunggu perorangan Rp 500 ribu/atlet, medali perunggu dengan 2 sampai 5 atlet Rp 425 ribu/atlet, perunggu dengan  6 sampai 10 atlet Rp 375 ribu/atlet dan 11 atlet lebih meraih Rp 350 ribu/atlet. Untuk pemberian tali asih bagi pelatih sekitar Rp 72, 5 juta.

“Para atlet dan pelatih yang mengharumkan nama kontingen Kota Yogyakarta berasal dari tujuh cabang olahraga dari 29 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam POPDA,” tambahnya.

Budi menjelaskan perolehan medali Kontingen Kota Yogyakarta dalam POPDA 2022 yaitu 55 medali emas,60 medali perak dan 60 medali perunggu. Perolehan medali terbanyak dari cabang olahraga renang yaitu 8 medali emas, taekwondo 7 emas, pencak silat 5 medali emas, anggar 4 emas, karate 4 emas, tarung derajat 3 emas dan bola basket yang berhasil menyapu bersih nomor pertandingan putra dan putri.

“Kita nanti harus memperhatikan cabor yang mendulang banyak medali. Menjadi PR kita ke depan untuk bekerja lebih keras lagi agar kita memperoleh prestasi yang lebih bagus lagi di tahun-tahun mendatang,” terang Budi.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi turut bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diraih Kontingen Kota Yogyakarta dalam POPDA DIY tahun 2022. Menurutnya prestasi dan bonus itu adalah dampak dari kesungguhan dan konsisten dalam menekuni bidang olahraga. Dengan penghargaan tali asih dalam bentuk uang itu diharapkan bisa memotivasi atlet dan pelatih untuk terus berprestasi.

“Capaian ini saya kira harus menjadi cambuk bagi teman-teman semua. Saya harapkan ada pemeringkatan prestasi. Oleh karena itu jajaran pelatih mulai menata agar dominasi-dominasi yang kita miliki bisa kita pertahankan dan di masa mendatang juga harus meningkatkan perolehan medali,” pungkas Heroe. (Tri)