Perpustakaan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Masyarakat

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan perpustakaan Masjid Ibnu Khaldun pada Rabu (27/4) di Masjid Siti Maryam Umbulharjo Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya perpustakaan bisa mengajarkan mata pelajaran sekolah pada masyarakat dengan membaca dan belajar bersama. Takmir bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mendapatkan bantuan mahasiswa sebagai relawan pendidikan dan mengajarkan mata pelajaran sekolah di perpustakaan masjid. 

Dalam arahanya Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa masjid memiliki peran yang strategis dalam pemberdayaan masyarakat pada umumnya dan jamaah pada khususnya oleh karena itu keberadaan perpustakaan masjid hendaknya juga menjadi pusat pencerahan keilmuan masyarakat. “Melihat ragam koleksi dan tata kelola Perpustakaan Ibnu Khaldun akan sangat sayang jika tidak bisa dimanfaatkan secara optimal dengan menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan masyarakat,” kata Heroe.

Ia menjelaskan bahwa melalui perpustakaan bisa diajarkan mata pelajaran sekolah pada masyarakat dengan membaca dan belajar bersama. Takmir bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk memperoleh bantuan mahasiswa yang berperan  sebagai relawan pendidikan dengan mengajarkan mata pelajaran sekolah di perpustakaan ini. Atau bisa juga dengan mengajak masyarakat sekitar masjid yang memiliki kompetensi dan kecakapan dalam mengajar mata pelajaran.

Ketua Takmir Masjid Siti Maryam Danang Arif Darmawan menyampaikan bahwa investasi sumber daya manusia sangat penting oleh karena itu takmir  membuat program pembelajaran masyarakat. “Program Ngaji Sore Cerdas untuk anak dan remaja merupakan pembelajaran dan literasi dengan cara membaca dan menjelaskan ulang apa yang telah dibacanya,” papar Danang.

Selain sebagai pusat pendidikan, pihaknya juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program ekonomi bahkan ke depan berencana mendirikan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) atau lembaga keuangan Islam mikro yang berupa  koperasi syariah. Melalui BMT maka program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan bisa lebih meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi juga menyerahkan dana bantuan masjid yang diterima oleh Ketua Takmir Masjid Siti Maryam dengan didampingi oleh perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja dan Lurah se-Umbulharjo. Selain dana bantuan juga diserahkan buku dan Alquran dari Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Dalam penyerahan bantuan itu Wawali berpesan agar masjid bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak untuk belajar dan berkegiatan. Sehingga dari masjid akan lahir anak-anak yang berkarakter mulia, berpendidikan dan berwawasan luas yang siap sebagai penerus pembangunan bangsa dan penjaga pilar agama. (ant)