Tebing Tinggi Belajar Perpajakan di Yogya

Pemerintah Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara dan PT Bank Sumut melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Yogyakarta di ruang Bima Balaikota, Rabu (11/05). Rombongan dipimpin oleh Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM sejumlah 27 orang diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi MA.

Umar Zunaidi menjelaskan kunjungan ini bertujuan melakukan studi banding tentang kemudahan pembayaran pajak daerah di Kota Yogyakarta.

“Niat kami datang ke Yogyakarta untuk belajar bagaimana meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak,” ujar Umar.

Dalam sambutannya, Heroe Poerwadi mengungkapkan sumber pendapatan Kota Yogyakarta berasal dari pajak hotel dan restoran.

“Meskipun kondisi yang dikarenakan pandemi belum sepenuhnya pulih dengan kembalinya perkuliahan tatap muka semoga dapat meningkatkan pendapatan kelompok usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Dan dengan wisatawan yang mulai banyak yang berdatangan dapat meningkatkan pendapatan hotel, restoran maupun tempat wisata,” ungkap Heroe.

Wawali menambahkan pada masa pandemi masyarakat dapat bertahan dengan semangat gotong royong salah satunya melalui program dari pemerintah yakni Gandeng Gendong. Program ini membersamai korporasi, komunitas, kampus, kampung dan kota untuk bersinergi mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan serta dapat meminimalisir kesenjangan di masyarakat.

“Dalam meningkatkan pendapatan daerah Pemkot mendapat dorongan, bantuan dan juga support dari Bank BPD DIY dengan menjalankan pengawasan secara digital terhadap transaksi yang terjadi di beberapa hotel dan restoran. Adapun upaya lain yang dilakukan yakni memaksimalkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” tutur Heroe.

Heroe menjelaskan dengan menaikkan PBB maka masyarakat akan semakin terbebani. Sehingga untuk meringankan beban masyarakat, Pemkot memberikan stimulan agar pembayaran PBB lebih mudah dengan menghubungi RT, RW, atau Kantor Kelurahan setempat. Sedangkan untuk pembayaran bisa menggunakan sistem online sehingga pembayaran lebih cepat dan mudah, salah satunya dengan menggunakan Layanan Bank BPD DIY. (Chi)