Peran Tokoh Masyarakat Jaga Keharmonisan Warga

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menghadiri syawalan bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan ketua kampung se Kota Yogya.

Pada kesempatan tersebut Walikota menjelaskan bahwa acara syawalan dapat dijadikan sebagai ajang untuk rekonsiliasi. Sehingga keharmonisan hubungan antara sesama tetap terjaga.

“Syawalan seharusnya tidak hanya seremonial saja, melainkan juga sebagai kegiatan untuk bersilaturahim. Rasulullah SAW bersabda bahwa dengan bersilaturahim maka para pelakunya akan dimudahkan jalan rezekinya dan dipanjangkan umurnya,” jelasnya di Hotel Santika, Selasa (17/5/2022).

Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga meminta kepada LPMK dan para ketua kampung untuk menjaga warganya agar menjaga keharmonisan antar sesama.

“Kerukunan inilah yang melahirkan perdamaian diantara warga. Kondisi wilayah yang damai, merupakan modal kuat Pemkot Yogya dalam mewujudkan pembangunan yang baik sesuai dengan visi dan misi," tandasnya.

Pihaknya mendorong para pengurus LPMK agar terus melakukan sinergisitas dengan berbagai pihak dalam mewujudkan kemandirian warga.

"LPMK bertugas untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya. Sebuah tugas yang tidak mudah karena harus berupaya agar masyarakat tidak bergantung dengan apapun," katanya. (Han)