Wawali Ajak Generasi Muda Jaga Persatuan Negara dan Bangsa

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengajak generasi muda Kota Yogya untuk terus menjaga kedaulatan, keamanan, identitas, jiwa, harkat serta martabat negara dan bangsa.

"Bela negara pada hakekatnya adalah kewajiban dan amanah bagi setiap warga negara, termasuk para generasi muda," katanya saat membuka acara bela negara yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Yogya di Hotel Taman Eden, Selasa (17/5/2022).

Pada kesempatan tersebut Heroe menjelaskan bahwa Kota Yogya didiami oleh berbagai suku bangsa yang berasal dari seluruh Indonesia.

"Semuanya menetap disini, baik pelajar, mahasiswa, karyawan. Mereka mempunyai latar belakang yang berbeda-beda," bebernya.

Keberagaman ini menurutnya merupakan keuntungan, karena dengan hal tersebut warga masyarakat telah terbiasa berada pada masyarakat yang majemuk.

"Sehingga selalu berkembang baik dalam hal toleransi, kebersamaan, gotong-royong, persatuan dan kesatuan di antara berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Namun di sisi lain, lanjutnya, hal ini juga rentan terhadap potensi adanya ancaman, gangguan dan hambatan untuk terciptanya masyarakat yang kondusif.

"Sehingga untuk menciptakan suasana Kota Yogya yang aman, nyaman dan tentram, diperlukan generasi muda yang sadar akan nilai-nilai bela negara yang telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 serta nilai-nilai yang terkandung dalam setiap Sila pada Pancasila," bebernya.

Pihaknya pun juga mengajak generasi muda untuk mengambil peran sebagai penggerak ekonomi untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Wawali mengungkap bahwa peran dari generasi muda dapat memberikan dampak yang besar pada seluruh sektor, termasuk mengguncang perekonomian global.

"Generasi muda bukan hanya penting dalam peran menjaga persatuan, melainkan juga dapat menjadi motor penggerak ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19," katanya.

Dengan keterlibatan dan peran aktif para generasi muda, diharapkan dapat mempercepat pemulihan pandemi Covid-19 di Kota Yogya. (Han)