Giat Berkoperasi Sejak Dini, Tumbuhkan Ekonomi


Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta menyelenggarakan  kegiatan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se Kota Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk pengembangan Pendidikan Ekonomi Koperasi kepada generasi muda di Kota Yogyakarta.

 

"Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini akan menguji pengetahuan seputar sejarah koperasi serta soal-soal bersifat kearifan lokal yang mendorong peserta untuk berfikir visioner tentang koperasi untuk ke depannya seperti pengelolaan, inovasi dan lainya. Sehingga nantinya akan dipilih juara satu, dua dan tiga" ungkap Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto Raharjo Kamis (19/05/)  di Ballroom Ayola Tasneem Hotel Yogyakarta.

 

Tri Karyadi berharap dengan diadakan Lomba Tangkas Terampil Koperasi jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi diharapkan menambah wawasan dan mengenalkan ilmu perkoperasian. ''Penilaian ini dilihat dari para siswa siswi yang bisa menjawab dengan benar esai atau pilihan dan nantinya akan dipilih tiga skor tertinggi," ujarnya.


Lomba ini terlaksana selama satu hari melalui tahap penyisihan maupun tahap final . Tahap penyisihan diikuti oleh 36 regu yang mewakili dari sekolah masing-masing terdiri dari jenjang SLTP sejumlah 22 sekolah, SMA/SMK  sejumlah 11 sekolah dan tiga Perguruan Tinggi di Kota Yogyakarta.

 

"Pada tahap penyisihan ini didapatkan tiga terbaik dengan nilai tertinggi yang berhak melaju ke tahap final sesuai dengan jenjang masing-masing. Antusiasnya sangat luar biasa, peserta yang diundang sebanyak 150 orang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi totalnya sebanyak 36 kelompok lebih tinggi dari tahun sebelumnya," jelas Tri Karyadi.

 

Anggaran kegiatan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Tahun 2022 ini dibiayai dari dana APBD Kota Yogyakarta Tahun 2022. Nantinya bagi Juara I,II, dan III di masing-masing jenjang akan memperoleh hadiah berupa sertifikat, trophy dan uang pembinaan yakni Juara I mendapatkan uang pembinaan Rp. 5 juta, juara II mendapatkan uang pembinaan Rp. 4,5 juta dan yang terakhir Juara III uang Pembinaan sebesar Rp. 4 juta.

 

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang secara langsung membuka kegiatan Lomba Tangkas Terampil ini berharap kegiatan ini dapat membantu siswa mempunyai sikap gotong royong dan saling membantu untuk memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta membiasakan siswa untuk gemar menabung.

 

"Kegiatan ini dapat mendukung untuk memberikan pemahaman kepada siswa siswi dalam bidang koperasi dan bersama-sama mengembangkan perkoperasian. Selain itu, mereka juga dapat saling bergotong royong membuat koperasi modern di lingkungan mereka," jelasnya. 

 

Heroe menambahkan, semua untuk saling menguatkan satu sama lain dalam membangun usaha demi memajukan perkoperasian di Indonesia terutama di Kota Yogyakarta agar semakin unggul dan kreatif. (Hes)