Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Pemkot Yogya

Upacara Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dilaksanakan secara virtual, Jumat (20/5) di Ruang Yudhistira Balai Kota. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bertindak sebagai Pembina Upacara.

Upacara dilaksanakan dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Meski dilaksanakan secara virtual dan diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masing-masing kantornya, upacara tetap berlangsung dengan khidmad. Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Pembacaan teks Pancasila dipimpin oleh Pembina Upacara diikuti seluruh peserta upacara.

Kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Sekretaris Dindikpora. Pembacaan Kode Etik Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dindikpora. Pembacaan doa oleh Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dindikpora.

Dalam amanatnya Heroe Poerwadi mengatakan bahwa tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 ini adalah “Ayo Bangkit Bersama” yang menjadi bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Esensi sejarah Kebangkitan Nasional adalah memaknai kelahiran organisasi pertama di Indonesia yaitu Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Kelahiran Boedi Utomo menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Sesuai dengan cita-citanya yaitu memerdekakan cita-cita, kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Hadirin yang kami hormati, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Kita patut memaknai Kebangkitan Nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, mari kita terus bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan serta meningkatkan ketahanan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Heroe.

Pada Upacara Kebangkitan Nasional ke-114 Pemkot Yogya juga merupakan momen upacara terakhir di masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta Periode 2017 – 2022 yang akan berakhir pada 22 Mei 2022. Dalam hal ini Heroe menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih kepada karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta dan juga kepada segenap masyarakat Kota Yogyakarta atas segala dukungannya dalam mengemban amanah sebagai Walikota dan Wakil Walikota pada kurun waktu lima tahun terakhir.

“Terimakasih atas kerjasama erat dari Bapak dan Ibu selama ini. Kami mohon maaf apabila dalam kami berperilaku maupun bertutur kata, ada kesalahan yang kami lakukan. Tak lupa kami mohon doa dari Bapak dan Ibu agar kita semua selalu diberi kesehatan, keselamatan dalam menjalankan tugas pekerjaan sehari-hari, baik di masyarakat maupun di kantor masing-masing,” tutup Heroe. (Jul)