Asosiasi Forum Kampung Pantib Kota Yogya Dikukuhkan

Forum Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta mengadakan syawalan dan pengukuhan pengurus Asosiasi Forum Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta, Rabu (18/5) di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengukuhkan Edi Suryana sebagai pengurus Asosiasi Forum Kampung Panca Tertib (Pantib) Kota Yogyakarta. Asosiasi Forum Pantib ini diharapkan bisa menjadi wahana aktualisasi kampung pantib se-Kota Yogyakarta dalam kebersamaan dan sinergitas membangun rasa aman dan nyaman di Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan saat ini  kita dalam transisi dari pandemi ke endemi Covid-19 dimana warga Yogyakarta sudah 256 persen vaksin dan 82 persen diantaranya sudah booster. Kondisi ini mencerminkan bahwa di masyarakat telah terbangun kekebalan komunitas (herd immunity). Dalam sepuluh hari terakhir setelah libur panjang juga tidak ditemukan kenaikan kasus Covid-19 bahkan jumlah kasus cenderung ke angka nol di Kota Yogyakarta.

“Kondisi ini tidak lepas dari kerja keras dan gotong royong yang kita lakukan bersama melalui upaya edukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan mengajak serta mendampingi masyarakat untuk turut serta dalam vaksinasi,” ujarnya.

Heroe juga menyampaikan bahwa meski kondisi sudah memasuki endemi namun tetap harus berhati-hati dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah.

“Ciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungan kampung pada khususnya dan Kota Yogyakarta pada umumnya agar mendorong orang untuk datang ke Yogyakarta guna berwisata atau sekolah,” kata Heroe.

Wawali menambahkan bahwa pariwisata dan pendidikan merupakan lokomotif ekonomi di Yogyakarta oleh karena itu setiap kampung panca tertib hendaknya mampu sebagai garda depan dalam membangun Yogyakarta Berhati Nyaman.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Yogyakarta Agus Winarto juga menyampaikan bahwa adanya kejahatan jalanan yang dilakukan oleh anak-anak menggugah semangatnya untuk lebih aktif dalam upaya pembudayaan ketertiban guna mencegah dan menangkal adanya kemungkinan terjadinya hal tersebut.

“Melalui asosiasi ini akan dibangun komunikasi dan jejaring agar antar kampung pantib terhubung satu sama lain dan dibuat program kegiatan yang terintegrasi. Harapannya ke depan keberadaan kampung pantib bisa menjadi model dan inovasi pembudayaan ketertiban berbasis masyarakat,” kata Agus.

Ketua Forum Kampung Panca Tertib Ngadiwinatan yang juga pengurus Asosiasi Forum Kampung Panca Tertib Kota Yogyakarta  Edi Suryana mengungkapkan bahwa syawalan tersebut merupakan wahana silaturahmi pengurus kampung pantib sekaligus bertukar informasi kondisi di masing-masing wilayah.

Ia juga menjelaskan bahwa Forum Kampung Panca Tertib siap untuk menjadi garda depan dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di lingkungan masing-masing dan mewujudkan Yogyakarta Berhati Nyaman. (Ant)