Aceh Belajar Pelayanan Publik di Kota Yogya

Walikota Subulussalam Provinsi Aceh melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Yogyakarta di ruang sadewa Balaikota, jumat, (20/05). Rombongan dipimpin oleh Walikota Subulussalam Affan Alfian diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Affan Alfian menjelaskan kunjungan kerja ini bertujuan mempelajari tentang pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

“Pemerintah Kota Subbusallam berencana untuk membentuk Mal Pelayanan Publik pada tahun 2023 maka berkaitan hal tersebut kami ingin berkoordinasi tentang sistem dan mekanisme keberhasilan Kota Yogyakarta dalam melaksanakan pelayanan publik. Nantinya kami dapat menerapkannya di Kota Subbusallam,” ujar Affan.

Mal Pelayanan Publik (MPP) mengintegrasikan semua pelayanan publik dimana pelayanan satu sama lain terdapat keterkaitan dalam satu lokasi. Sehingga memudahkan masyarakat dengan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam sambutannya menjelaskan Mal Pelayanan Publik Kota Yogyakarta menggandeng sebuah aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Dimana masyarakat dapat melakukan pendaftaran online melalui aplikasi JSS. Ada pengaturan waktu kedatangan pemohon di Mal Pelayanan Publik, sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama dan mengurangi kerumunan.

“Bahkan masyarakat tidak perlu datang ke kota untuk mengurus berkas, masyarakat bisa datang untuk keperluan yang tidak bisa diselesesaikan secara online melalui aplikasi JSS,” ujar Heroe.

Wawali menambahkan masyarakat yang datang akan memasukan data dan menunggu di front office. Nantinya data tersebut akan jalan melalui sistem. Sehingga masyarakat yang melakukan permohonan tidak perlu berlari berpindah-pindah loket. (chi)