155 Calon Jamaah Haji Kota Yogya Ikuti Manasik

 

Sebanyak 155 orang calon Jamaah Haji Kota Yogyakarta mengikuti bimbingan manasik haji 1443 Hijriyah / 2022 Masehi di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta Jumat (20/5). Bimbingan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Heroe Poerwadi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2022.

 

Penyelenggaraan bimbingan manasik haji ini diharapkan jamaah haji memiliki bekal kemandirian di bidang kesehatan, ilmu manasik baik teori maupun praktik serta kemandirian dalam menjalankan seluruh rangkaian penyelenggaraan ibadah haji di Tahun 2022.

 

''Ibadah haji tidak hanya membutuhkan kesiapan mental dan fisik tetapi juga harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan,"jelas Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat sambutan.

 

Heroe juga mengatakan, ikut berbahagia bagi para jamaah haji yang dapat beribadah haji setelah tertunda selama 2-3 tahun akibat musibah pandemi Covid-19.

Dari 317 jamaah haji hanya akan diberangkatkan sebantak 155 orang saja dengan cadangan 27 orang. Para jamaah haji diberikan bingkisan berupa tas, sajadah, kanebo( pengganti handuk ), masker, vitamin c botol, serta handsanitizer.

 

 ''Wajib kita bersyukur di Tahun 2022 sebagian warga Kota Yogyakarta bisa berangkat haji meskipun yang harusnya bisa berangkat itu lebih banyak namun karena masih ada keterbatasan, maka tahun ini pun yang berangkat baru separuh dari kuota yang sudah kita miliki. Jadi 150 calon jamaah haji yang bisa diberangkatkan," ujarnya.

 

Ia berharap untuk ke depannya agar lebih memperbanyak kuota keberangkatan haji agar para jamaah haji tidak terlalu lama menunggu. ''Harapannya dapat kuota yang banyak tidak tertunda sampai dengan 2-3 tahun mendatang" ujarnya.

 

Sementara itu, salah satu jamaah haji Tri Mardoyo (57) mengatakan, sangat terharu karena keberangkatan haji yang ditunda selama dua tahun bisa diberangkatkan pada tahun ini.

 

''Di Tahun 2019 kemarin sebenarnya sudah disiapkan namun dengan adanya pandemi belum bisa terlaksana. Maka tahun ini kami semua siap untuk berangkat karena memang sudah siap sejak tahun-tahun kemarin dan harapannya bisa menjadi haji yang mabrur dan bisa menjadi suri tauladan. Semoga teman-teman yang belum bisa haji atau umroh segera diperlancar jalannya," ungkapannya. (Hes)