Dekranasda Kota Yogya Terus Dorong Pelaku UMKM Lebih Kreatif

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogya terus dorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Yogya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi produk kerajinan tangan agar mampu bersaing di pasar bebas.

Ketua Dekranasda Kota Yogya, Tri Kirana Muslidatun mengatakan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya agar terus mendorong kreativitas dan inovasi untuk para pelaku UMKM.

"Kami ingin mengembangkan UMKM, baik perajin agar produk yang dihasilkan lebih kreatif dan inovatif, tidak hanya untuk lokal saja, namun untuk skala nasional, bahkan jika bisa hingga internasional," katanya saat menghadiri syawalan Dekranasda, di Graha Pandawa Balaikota, Sabtu (21/5/2022).

Untuk memasarkan produk, lanjut Anna, Dekranasda Kota Yogya juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti hotel, pusat perbelanjaan modern, dan kampus.

“Selain itu, kami juga telah merambah marketing online untuk memperluas promosi dan peluang transaksi hingga ke luar daerah” jelasnya

Menurutnya, menjual dengan online menjadi pilihan yang tak terbantahkan bagi para pelaku usaha utamannya pelaku usaha mikro, karena sudah banyak produsen baik besar dan kecil yang menggunakan penjualan online mampu bertahan dan bersaing di pasar dunia maya.

“Kita sudah memasuki era pemasaran produk secara digital, tanpa memanfaatkan teknologi digital tersebut, pelaku UMKM dan produk-produk lokal akan sulit bersaing dengan produk asing yang masuk ke dalam negeri,” ujarnya.

Istri Walikota ini juga berpesan kepada seluruh anggota Dekranasda untuk terus menjunjung tinggi kejujuran dan disiplin dalam segala hal.

"Berikan kepada konsumen kita lebih dari harga yang kita berikan, misal dengan senyum dan layanan. Kalau kita melakukan sesuatu secara otomatis roda perekonomian akan bergerak mengikuti," katanya. (Han)