Suni Fatmah Jabat Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta   

Suni Fatmah dilantik sebagai Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Yogyakarta oleh Wakil Ketua TP PKK DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X. Penggantian Ketua TP PKK Kota Yogyakarta itu usai Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi.

“Saya percaya bahwa  Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK akan melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Disertai penuh rasa tanggung jawab sesuai yang dipercayakan untuk meningkatkan peran serta PKK dalam mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” kata GKBRAy Paku Alam X saat pelantikan Pj TP PKK Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo, di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan Pemda DIY, Minggu (22/5/2022).

Suni Fatmah istri Pj Walikota Yogyakarta itu menggantikan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta masa bakti 2017-2022, Tri Kirana Muslidatun. Itu karena masa jabatan Tri Kirana seiring dengan masa jabatan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang berakhir pada 22 Mei 2022. Dalam kesempatan itu juga dilantik Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Priyantinah Trisaktiyana.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X menyampaikan Pemerintah DIY telah melaksanakan transisi pemerintahan dengan pengangkatan Pj Bupati Kulon Progo  dan Pj Walikota Yogyakarta. Lalu diikuti dengan pelantikan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Kulon Progo  sebagai manifestasi dan aktualisasi sehingga sepakat bahwa pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing.

“Saya percaya dengan berbekal pengalaman sebagai anggota aktif tim penggerak PKK DIY Ibu Suni Fatmah dan Priyantinah Trisaktiyana dapat memberikan warna baru dalam implementasi 10 program pokok PKK di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo ,” terang Paku Alam X.

Pihaknya mengucapkan selamat atas pelantikan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Kulon Progo serta selamat bekerja mengabdi demi kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa. Berbagai upaya dapat dilakukan PKK seperti pengembangan literasi finansial keluarga, literasi media, kegiatan pos pelayanan terpadu, pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga dan remaja putri, penyuluhan kesehatan reproduksi serta edukasi tentang bahaya narkotika, diharapkan dapat menjadi penguat pondasi keluarga di DIY.

“Sejak saat pelantikan ini saya mengharapkan agar penjabat ketua beserta seluruh jajaran PKK segera mengambil langkah-langkah terencana dan memiliki dampak luas bagi tumbuhnya semangat pemberdayaan menuju kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Pj Walikota Yogyakarta Sumadi melakukan pengukuhan Pj Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Suni Fatmah. Hadir dalam pelantikan itu Walikota Yogyakarta periode 2017-2022 Haryadi Suyuti dan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta masa bakti 2017-2022 Tri Kirana Muslidatun. (Tri)