Posbindu Layanan Deteksi Dini Kesehatan Pegawai Pemkot Yogya

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta membuka layanan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Khrisna Husada untuk cek kesehatan bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta di Grha Pandawa Balai Kota mulai 23 hingga 27 Mei 2022.

Posbindu Khrisna Husada merupakan agenda rutin yang dilakukan empat kali dalam satu tahun di wilayah Pemkot Yogyakarta. Pada bulan Mei ini merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada bulan Maret.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PPTM) dr. Iva Kusdiyarini menjelaskan bahwa Posbindu ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencegah peningkatan penyakit tidak menular dan dampaknya. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia pada 17 Mei.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan indikator dari berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tensi atau tekanan darah, kadar kolersterol serta kadar gula darah sebagai salah satu bentuk dari penilaian risiko PTM” terangnya.

Dalam pelaksanaan Posbindu Khrisna Husada selain dilakukan cek kesehatan juga dilakukan wawancara melalui angket yang diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) pada menu Posbindu, terkait riwayat penyakit dari keluarga dan pribadi masing-masing serta faktor risiko perilaku dari pasien.

“Harapan dari pemeriksaan ini adalah pegawai Pemkot Yogya dapat terdeteksi sejak dini faktor risiko penyakit tidak menularnya, ketika ditemukan faktor risiko yang tidak normal bisa diupayakan untuk dilakukan intervensi sejak dini agar tidak berlanjut. Selanjutnya kami juga berharap bahwa semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut secara periodik dan kontinyu serta semakin banyak peserta yang datang,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan Posbindu ini juga dikampanyekan program kesehatan CERDIK sebagai upaya untuk mencegah PTM yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Di samping itu, bagi yang menderita PTM terutama pada penderita Hipertensi diajak untuk PATUH. Mulai dari Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman, serta Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik. (Jul)