Penjabat Walikota Ajak Perangkat Daerah Sejalan dan Seirama

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi SH MH melakukan perkenalan dengan seluruh Perangkat Daerah (PD) lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta di Ruang Bima, Senin (23/5).

Sumadi saat perkenalannya juga menyampaikan tentang penugasanya sebagai Pj Walikota diantara lain memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Sebagai orang baru di lingkungan ini saya tidak bisa mengemban amanah maupun menjalankannya tanpa kerja sama dan bantuan dari seluruh perangkat daerah. Dalam menjalankan pemerintahan harus bisa sejalan, seirama dan satu pemikiran,” ucap Sumadi.

Sumadi mengungkapan penugasan khusus selama menjabat sebagai Pj Walikota berkaitan dengan Malioboro. Pemerintah Kota Yogyakarta harus bisa mengatur managemen kenyamanan dan ketertiban di kawasan Malioboro dan berkoordinasi dengan Pemda DIY dan sektor-sektor yang berkaitan.

Tidak hanya itu, pesoalan sampah yang menjadi masalah sejak kemarin harus bisa terselesaikan dengan baik. Pemerintah Kota Yogyakarta juga harus bisa menurukan angka kemiskinan di wilayah Kota Yogyakarta.

“Program pemberdayaan masyarakat yang sudah berjalan di wilayah Kota Yogyakarta efektif untuk mengurangi angka kemiskinan. Ke depan kita harus tetap melanjutkan program-program yang dirasa sudah tepat,” ungkapnya.

Pj Walikota juga bertugas membuat rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah, terlebih dahulu meminta persetujuan Menteri Dalam Negeri untuk melakukan pembahasan rancangan perda, pembahasan rancangan perkada, dan menandatangani perda serta perkada inisiasi baru, kecuali untuk pembahasan rancangan perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan perkada penjabaran APBD sampai dengan proses penandatanganan.

Selain itu, melakukan pengisian jabatan dan mutasi pegawai yakni membatalkan perijinan dan/atau mengeluarkan perijinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya, membuat kebijakan pemekaran daerah dan membuat kebijakan yang berbeda dengan program pembangunan pejabat sebelumnya.

Nantinya Sumadi juga memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu Umum Tahun 2024 dan Pilkada Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Yogyakarta dan melaksanakan tugas Penanganan Covid-19.

Sumadi berharap adanya masukan-masukan dari PD dalam menjalankan tugas-tugas agar tercapai goals dari program yang dijalankan. Serta bersama-sama menjaga dan memelihara Jogja. (chi)