Syawalan dan Pamitan Jamaah Calon Haji Kota Yogya

 

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Yogyakarta mengadakan Syawalan dan Pamitan Haji yang akan berangkat pada bulan Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (29/5) di Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Diharapkan semua peserta haji dapat menyiapkan kesehatan dalam menunaikan ibadah haji yang sudah dinantikan sejak dua tahun silam.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta haji tahun 2022. Dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yunianto Dwisutono mengatakan, kegiatan ini dimaksud untuk mengingatkan kembali bahwa menunaikan ibadah haji merupakan suatu keberkahan dan bagi orang-orang terpilih. Diharapkan dalam perjalanan beribadah dengan khusyuk agar menjadi haji yang mabrur.

''Kesempurnaan hanya milik Allah SWT, haji merupakan jalan yang diberikan Allah SWT oleh umatnya yang mampu dan sehat dalam menjalankan ibadah haji," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa orang-orang yang melaksanakan ibadah haji merupakan orang yang terpilih baik baik laki-laki maupun perempuan sekurang-kurangnya sekali seumur hidup selagi mampu, baik mampu secara fisik, rohani, maupun secara finansial, dalam menunaikan ibadah haji dibutuhkan persiapan mental serta pikiran yang bersih, tidak mempunyai prasangka-prasangka negatif dan memasrahkan apa yang menjadi miliknya kepada Allah SWT baik itu anggota keluarga (anak) maupun orang lain.

"Semoga Bapak Ibu yang telah menunaikan ibadah haji dapat menjadi teladan di lingkungan masing-masing, dengan harapan akan memberi kontribusi pada kemaslahatan umat karena kesalehan pribadi tidaklah sempurna tanpa disertai dengan kesalehan sosial," ujarnya.

Selain itu, penceramah Syawalan Pamitan Haji Probosuseno mengungkapkan, selama menunaikan ibadah haji para jamaah diharapkan menjaga kesehatan saat berada di Mekkah, agar semua rukun haji terpenuhi.

"Bagi bapak ibu yang akan menunaikan ibadah haji dimohon mempersiapkan kesehatannya sehingga saat menunaikan ibadah haji sehat wal afiat, berangkat dalam keadaan sehat pulang pun dalam keadaan sehat. Sehingga keluarga pun ikut bahagia," ungkapnya.

 

Sementara itu, salah satu perwakilan jamaah haji Dodi Pergiato ikut memberikan sambutan dan berpamitan kepada pengurus haji agar dalam perjalanan diberikan kelancaran dan menjadi haji mabrur. ''Terimakasih dalam mensupport kami hingga saat ini dimana keberangkatan tertunda hingga dua tahun lamanya. Namun saat ini ratusan calon haji bisa berangkat. Terimakasih sudah membantu persiapan kami mulai dari administrasi, manasik haji sehingga kami insya allah di bulan juni bisa berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji. Semoga kami semua menjadi haji yang mabrur,"ujarnya. (Hes)