Wifi Publik Pemkot Yogya Dukung Penguatan Ekonomi Warga

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kota Yogyakarta mempunyai Program Penguatan Ekosistem Digital Berbasis Kewilayahan. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2021 diawali dengan penyediaan wifi publik dengan target 1 RW minimal 1 wifi publik yang dilengkapi dengan Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital. Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital berfokus pada pelaku UMKM dan pengelola kampung wisata.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Ir Aman Yuriadijaya MM hadir dalam kegiatan Penguatan Ekosistem Digital di Riverside Karangwaru, Senin (30/5). Menurutnya pemasaran digital saat ini adalah sebuah hal yang menjadi tuntutan zaman. Apalagi setelah mengalami masa pandemi Covid-19 yang memaksa sebagian orang untuk beralih dari hal-hal luar jaringan (luring/offline) menjadi dalam jaringan (daring/online).

Program Penguatan Ekosistem Digital yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta ini sesuai dengan semangat Gandeng Gendong yakni kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Yogyakarta, korporasi, dan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Harapannya dengan penyediaan wifi publik yang menjangkau masyarakat bisa menimbulkan dampak positif, produktif dan bahkan mempunyai nilai tambah ekonomis untuk warga masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta Tri Haryanto ST MT mengatakan saat ini ada 885 wifi publik yang terpasang di 502 RW se-Kota Yogyakarta. Wifi publik yang terpasang tersebut dibiayai oleh APBD Kota Yogyakarta dan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) dari pihak swasta (korporasi).

Seperti diketahui di tahun 2022 selain masih menargetkan pelaku UMKM, Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital juga menyasar kampung wisata. Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital dibagi menjadi 2 tahap, tahap pertama dimulai bulan Mei-Juli 2022 sedangkan tahap kedua dimulai Agustus -Oktober 2022.

Pelatihan tahap I sudah dimulai pada tanggal 24 Mei 2022 dengan peserta pelatihan berasal dari Kelompok UMKM Mujamuju . Dilanjutkan  pada tanggal 25 Mei 2022 dengan peserta dari Kampung Wisata Warungboto. Pelatihan untuk Kelompok UMKM Suryatmajan dilaksanakan pada Jumat 27 Mei 2022. Yang terakhir untuk Tahap I dilaksanakan pada Senin, 30 Mei 2022 dengan peserta dari Kelompok UMKM Karangwaru.

Setelah menyapa peserta pelatihan Penguatan Ekosistem Digital di Kelurahan Karangwaru, Sekda Kota Yogyakarta meninjau kawasan Riverside Karangwaru yang terletak sekitar 400 meter dari Kantor Kelurahan bersama Lurah Karangwaru dan Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi. Di kawasan Riverside Karangwaru ini sudah terpasang wifi publik yang bisa dinikmati oleh warga masyarakat secara gratis. (Dewi Ciptaningrum)