Tingkatkan Wisata di Bendung lepen, BRI Berikan Bantuan Sarpras

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya terus menggandeng berbagai pihak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kali ini Pemkot Yogya bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang DIY melakukan kegiatan bersih bersih Bendung Lepen Giwangan.

Dalam kegiatan bersih-bersih ini dilakukan dengan beberapa kegiatan yang meliputi pembersihan dan penataan sungai, edukasi lingkungan sehat, pemberdayaan dan pengelolahan sampah, pembangunan sarana, dan prasarana di pinggir sungai serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pimpinan Bank BRI Yogyakarta, Jhon Sarjono menjelaskan melalui CSR kegiatan program bersih sungai ini, BRI ingin mengedukasi pentingnya lingkungan sungai yang sehat.

"Nyatanya setelah sungai dibersihkan, ditata, dan dijaga, keberadaannya dapat membawa banyak manfaat bagi warga yang hidup di sekitarnya," bebernya di lokasi, Senin (6/6/2022).

Dalam CSR ini, BRI menggelentorkan dana sebesar Rp 800 juta. Selain bersih bendung Lepen, BRI juga mengedukasi masyarakat dalam mengolah sampah.

"Sampah yang terkumpul dari bersih bersih sungai tersebut dipilih dan dipilah, dipisahkan sampah organik dan anorganik," katanya.

Ia mengungkapkan sampah organik yang sudah dipilah bisa dimanfaatkan untuk keperluan masayarakat seperti bahan pupuk kompos, tambahan pakan ternak, urban farming, bahkan bisa diolah menjadi biogas.

Sementara itu Mantri Pamong Praja Kemantran Umbulharjo, Rajwan Taufik mengapresiasi program yang telah dilakukan Bank BRI karena mampu mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai.

“Kami menyambut baik dan berterima kasih kepada BRI yang sudah menata bendung Lepen menjadi bersih," bebernya

Namun yang paling penting, lanjutnya, BRI telah memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan edukasi sampah.

Menurutnya aliran sungai yang bersih dan tertata apik, tidak hanya memperkecil potensi terjadinya banjir saat hujan, tetapi sungai mampu memberikan dampak ekonomi dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Rajwan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bendung Lepen. (Han)