Pemkot Yogya Dorong HIPMI Beri Kontribusi Ekonomi Kepada Masyarakat

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono mewakili Penjabat Walikota Yogyakarta, hadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Yogyakarta periode 2022-2025 di Sagan Heritage pada Rabu (8/6).

Turut hadir Ketua dan Perwakilan Badan Pengurus Daerah HIPMI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), BPC Kabupaten di wilayah DIY, serta Ketua HIPMI periode sebelumnya. Ketua HIPMI Kota Yogyakarta periode 2022-2025 adalah Fandy Lucky, dilantik bersamaan dengan 22 orang pengurus BPC Kota Yogyakarta, ditandai dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah janji jabatan.

Dalam sambutannya Kadri Renggono menyampaikan bahwa HIPMI diharapkan menjadi wadah yang dinamis bagi semua pengusaha muda di Kota Yogyakarta untuk berkembang bersama dan lebih inklusif ke depan. Selain itu juga menjadi inkubator bagi UMKM dan start up, sebagai mitra strategis dalam melahirkan banyak pengusaha muda baru, dan menjadi mentor para pengusaha muda potensial.

“Jadikan HIPMI wahana untuk berkarya, berkontribusi, bersinergi bagi perekonomian nasional melalui dunia usaha. Kita ketahui bersama potensi Yogyakarta dan sekitarnya, sangat besar untuk dapat dieksplorasi. Seperti halnya bisnis kreatif dan pariwisata yang dapat dimaksimalkan, kiranya semuanya itu juga dapat memberikan kontribusi ekonomi yang positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Kadri juga menambahkan bahwa tantangan bisnis yang dihadapi saat ini cukup berat. Paling tidak ada tiga hal yang perlu ditekankan yaitu survive, sustainable, dan success. Sebab dalam dunia bisnis persaingan akan semakin kompetitif, maka diperlukan strategi untuk tetap bisa bertahan, berkelanjutan, dan dapat mencapai tujuan.

“Kunci untuk tetap bisa survive di tengah persaingan bisnis seperti sekarang juga diperlukan digitalisasi. Dari situ pengusaha bisa menjangkau pasar lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga mancanegara. Saat ini bisnis digital makin berkembang dan tidak bisa lepas dari anak muda. Kota Yogyakarta dengan berbagai potensi anak muda, memiliki peluang untuk memanfaatkan hal tersebut,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya Kadri Renggono mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus BPC HIPMI Kota Yogyakarta yang dilantik dan berharap HIPMI Kota Yogyakarta dapat menjadi mitra pemerintah dalam membangun Kota Yogyakarta lebih baik lagi.

“Melalui kegiatan Pelantikan pada pagi hari ini, kiranya HIPMI Kota Yogyakarta dapat menghimpun kekuatan internal agar bisa tumbuh dan berkembang. Diharapkan dengan jejaring kerjasama erat di antara anggota HIPMI akan dapat memberi manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat,” tutupnya.