Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Pemkot Gelar pelatihan Pengelolaan Ibadah Kurban

Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya menggelar pelatihan pengelolaan ibadah kurban. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memastikan seluruh panitia mengetahui tata cara kurban.

"Tidak hanya secara syariah namun juga dari aspek kesehatan, kebersihan, higienitas baik sebelum dan sesudah penyembelihan," katanya di Masjid Pengeran Diponegoro, Jumat (10/6/2022).

Pihaknya pun berpesan kepada seluruh petugas agar dapat memastikan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat. Selain itu, lanjutnya, juga harus lebih teliti dalam mengambil keputusan terhadap hewan yang sakit dengan melakukan pemeriksaan secara cermat sehingga nantinya daging kurban yang diperoleh selain halal juga layak untuk dikonsumsi.

"Pengetahuan ini bertujuan untuk memastikan  hewan yang disembelih bebas penyakit sehingga tidak sampai merugikan orang yang mengonsumsi dagingnya," ujarnya.

Yunianto berharap materi pelatihan dari para narasumber dapat menambah pengetahuan tentang penyembelihan hewan kurban dan dapat dipraktikkan di wilayah masing-masing.

"Meskipun sudah menjadi rutinitas setiap tahun umat Islam di Kota Yogya, namun tentunya setiap pelaksanaan terdapat perkembangan dan perubahan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Apalagi, tambahnya, setelah menerima cobaan berupa pandemi global. "Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang, sebab perlu diingat bahwa persiapan yang baik adalah bagian dari sebuah profesionalisme," ungkapnya. (Han)