Pasar Rakyat BUMN Media Kenalkan Produk UMKM

Warga Yogyakarta antusias menunjukkan kupon belanja paket sembako murah di arena Pasar Rakyat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) bersama ID Food PT Rajawali Nusantara Indonesia, di Area Parkir Stadion Mandala Krida, Jumat (10/6). Dalam kegiatan tersebut disediakan 4.000 paket sembako murah yang terdiri dari 5 Kg beras, 1 Kg gula dan 1 liter minyak goreng yang dijual seharga Rp 65 ribu per paket. Selain itu juga terdapat pameran UMKM hasil binaan Kementrian BUMN sejumlah 50 stand.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Drs Kadri Renggono MSi dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih telah disediakannya secara langsung berbagai kebutuhan bahan pokok masyarakat dengan harga yang murah dan terjangkau. “Dengan adanya kegiatan ini mampu mendukung peningkatan taraf hidup kesejahteraan, menggerakkan roda perekonomian dan mengangkat masyarakat agar terberdaya,” ujar Kadri.

Kadri juga menjelaskan, Kota Yogya memiliki gerakan Gandeng-gendong, yaitu sebuah gerakan yang melibatkan segenap elemen masyarakat. Program ini memiliki lima unsur, yaitu Pemerintah Kota, Korporasi, Kampus, Kampung dan Komunitas. Masing-masing unsur berupaya untuk bisa bahu-membahu menggandeng dalam kemitraan, serta menggandeng yang lemah untuk memberi bantuan permodalan, pendampingan usaha serta penyediaan fasilitas untuk meningkatkan standar kualitas produk serta menyediakan pasar bagi berbagai komoditas produk lokal.

Sementara itu Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga menegaskan, kegiatan ini menjadi sarana yang bagus bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat sekitar. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk meringankan beban masyarakat dan juga menjadi media pelaku UMKM memperkenalkan produk sehingga dapat meningkatkan pendapatan,” tambahnya. (Chi)