Sinau Pancasila Ajak Warga Tanamkan Nilai Pancasila Dalam Keseharian

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Sinau Pancasila di kantor Kelurahan Demangan pada Senin (13/6).

Dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi dengan narasumber Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Indaruwanto Eko Cahyono dan Kepala Bidang Kerjasama dan AdvokasiPusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada Diasma Swandaru. Perserta kegiatan Sinau Pancasila adalah tokoh masyarakat dari lingkup RT, RW, Kampung, dan Karang Taruna di wilayah Kelurahan Demangan.

Dalam sambutannya Pj Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan karakteristik warga Kota Yogyakarta yang heterogen dapat disatukan dengan pemahaman Pancasila yang kuat. Dimulai dari lingkup keluarga, kemudian RT, RW, dan Kampung bersama-sama untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.

“Untuk Ibu Bapak yang hadir di sini harapannya bisa menjadi ujung tombak dalam mensosialisasikan pemahaman nilai-nilai Pancasila, dari kegiatan Sinau Pancasila ini bisa langkah awal dalam memupuk nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Analis Kebijakan Ahli Muda Badan Kesbangpol Laksmi Prahani Amperawati mengatakan bahwa kegiatan Sinau Pancasila di wilayah Kota Yogyakarta merupakan tindak lanjut dalam melaksanakan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2012 Tentang Pedoman Wawasan Kebangsaan. Di mana Pemerintah Daerah memfasilitasi masyarakat dalam program yang bertujuan untuk pembinaan dan nilai-nilai Pancasila.

Dalam pemaparannya, Diasma Swandaru memaparkan bahwa Pancasila sebagai dasar negara juga merupakan way of life dari setiap warga Indonesia. Jadi dalam keseharian tentu ada pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarkat.

“Keluarga adalah yang pertama dalam pengenalan nilai-nilai Pancasila, kemudian lanjut ke dalam masyarakat sebagai perwujudan interaksi antar sesama. Jadi pengamalan nilai-nilai Pancasila tentunya sudah ada di setiap diri kita mulai dari hal sederhana. Kemudian kita kuatkan kembali dengan membuka dialog dalam ruang publik dan pelaksanaan kegiatan pendukung lainnya,” paparnya.

Kemudian Indaruwanto Eko Cahyono menambahkan bahwa DPRD Kota Yogyakarta menyambut baik kegiatan Sinau Pancasila dan sepenuhnya mendukung pelaksanaan program-program lanjutan untuk lebih banyak menyasar kalangan anak-anak muda. Berkordinasi dengan Badan Kesbangpol, Kemantren, Kelurahan, dan LPMK di wilayah Kota Yogyakarta.

“Nantinya kegiatan lanjutan juga disusun dengan konsep yang lebih bisa menyatu dengan anak-anak muda, supaya pendekatannya lebih mudah. Termasuk nanti pelaksanaan kegiatan Sinau Pancasila di sekolah-sekolah,” tambahnya. (Jul)