Hasil ASPD Sleman dan Bantul Boleh untuk Daftar di Kota Yogya


Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta mengeluarkan perubahan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP. Perubahan tersebut kaitannya dengan Assesment Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) untuk syarat pendaftaran di zonasi mutu. Calon peserta didik dari luar daerah yang telah mengikuti ASPD di Kabupaten Sleman dan Bantul diperbolehkan mendaftar sekolah SMP di Kota Yogyakarta.

Hingga saat ini ASPD siswa diluar DIY di Kota Yogyakarta telah diikuti sebanyak 46 siswa. Untuk nilainya pun sudah muncul sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendaftar. Hal ini disampaikan oleh Penilik Madya Dindikpora Kota Yogyakarta, Rachmat saat mengadakan jumpa pers, Senin (13/6) di Lantai 1 Diskominfosan Kota Yogyakarta. Upaya ini dilakukan untuk mempermudah PPDB 2022-2023.

Ia mengatakan, pelaksanaan sudah berjalan di tiga kabupaten yakni di Sleman pada 3 juni 2022, Bantul pada 8 Juni 2022, dan di Kota Yogyakarta pada 8-9 Juni 2022. Jika peserta mendaftar di kota namun ASPD di Sleman Rochmat mengatakan hal ini diperbolehkan. "Mau di Sleman ataupun Bantul kami  perbolehkan," ujarnya.

Ia berharap masyarakat yang sudah datang dari luar DIY dipersilahkan untuk segera mendaftar pada jalur pengajuan yang akan di buka pada tanggal 17-22 Juni 2022 mendatang.

Selanjutnya akan dilaksanakan verifikasi pada tanggal 20-22 Juni 2022 yang nantinya diselenggarakan di SMP pilihan.

Rochmat mengatakan akan ada 50 persen untuk jalur wilayah, sedangkan pada jalur mutu terdapat 44 persen. Ia memastikan jarak wilayah akan sama dan merata hanya saja wilayah selatan mengalami pembagian peserta didik.

Tambahnya jika masyarakat ingin melihat hasil real time bisa mengunjungi laman ww.yogya.siap-ppdb.com atau bisa melihat website Dindikpora Yogyakarta di Dindikpora.jogjakota.go.id dan laman instagram di @Dindikkotayk untuk mengetahui informasi perkembangan PPDB.

Selain itu, jika ingin mencari informasi mengenai pendaftaran PPDB SD dan SMP di Kota Yogyakarta bisa melihat di laman www.yogya.siap-ppdb.com atau line telpon ke (0274) 563030. (Hes)