FKDM Harus Respon Cepat Kejadian di Wilayah

 


Untuk lebih meningkatkan kepekaan gangguan ketentraman dan ketertiban di masyarakat, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta mengadakan Sosialisasi dan Roadshow bagi anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di wilayah Bumijo. Acara ini dihadiri oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi, Rabu (8/6) di Kelurahan Bumijo, Jetis Kota Yogyakarta.

Sumadi mengatakan, sebagai anggota FKDM diharapkan dapat memahami situasi yang ada dilingkungannya dan menyampaikan informasi kepada pihak-pihak yang berwenang agar permasalahan cepat terselesaikan. 

''Anggota FKDM ini kita bina, sehingga dapat mendeteksi pelaporan kepada aparat terkait mengenai persoalan yang timbul dan segera teratasi," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini melibatkan seperti tokoh masyarakat, RT, RW dan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap FKDM. ''Harapannya ini menjadi ujung tombak kami, apabila ada hal-hal yang harus di sampaikan dan diselesaikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kota Yogyakarta Bambang Joni Ismoyo mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi silaturahmi dan saling berkoordinasi agar tercipta wilayah yang aman dan nyaman.

"Kegiatan ini akan dilakukan di 45 kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta. Semoga nantinya semua bekerja dengan menjalankan tugas sebaik-baiknya. Saat ini kondisi di Kota Yogyakarta sangat baik dan kondusif semoga berjalan dengan baik," katanya.

Pihaknya juga mengungkapkan cara lain agar kegiatan berjalan dengan lancar yakni mengadakan secara rutin kegiatan pemantauan di wilayah, melakukan pembinaan untuk meningkat kualitas kerja, dan melakukan koordinasi antara FKDM ke pihak Kelurahan dan Kemantren. (Hes)