Promosikan Potensi Wilayah di Perkampungan Lewat Festival Kampung Wisata 2022

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya menjadikan kampung-kampung yang ada di Kota Pelajar ini sebagai daya tarik wisata.

Salah satunya melalui Festival Kampung Wisata yang di gelar di Plaza Ngasem Yogyakarta, Jumat (17/6/2022).

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan gelaran tersebut bertujuan untuk menampilkan potensi-potensi wisata yang ada di Kampung Wisata di kota Yogya.

Acara yang mengangkat tema 'Gumregah Nyawiji Ambangun Projo' iniĀ  diikuti oleh 18 Kampung Wisata yang berada di Kota Yogya

"Arti tema tersebut yakni bangkit bersama-sama membangun kembali pariwisata di Kota Yogyakarta," bebernya.

Wahyu berharap dengan adanya gelaran tersebut dapat lebih menguatkan branding dan mengangkat potensi wisata yang ada di kampung wisata se Kota Yogya dalam menyongsong pranatan anyar pariwisata di Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya berbagai potensi wilayah yang ada di Kota Yogya harus terus diangkat agar dikenal oleh masyarakat.

Aman mengungkapkan bahwa Kota Yogya memiliki beragam potensi wisata termasuk potensi wisata alternatif berupa Kampung Wisata yang selama ini telah dikembangkan di berbagai wilayah.

Setiap kampung wisata, lanjutnya, memiliki ciri khas masing-masing, yang muncul dan berkembang dimana salah satunya berdasarkan kegiatan turun-temurun yang menjadi unggulan kearifan lokal di masing-masing kampung tersebut.

"Seperti kerajinan, seni budaya, pertanian, sentra makanan khas, dan keindahan alam lingkungananya," bebernya.

Untuk itu, tambahnya, diperlukan kemampuan, pengetahuan, serta kreatifitas dalam menggali potensi-potensi yang masih belum tereksploitasi secara maksimal.

"Dibutuhkan para pelaku pariwisata yang adaptif dan akomodatif terhadap perubahan dan perkembangan kegiatan kepariwisataan," katanya.

Dengan demikian, pengelolaan pariwisata di kota Yogyakarta dapat berkembang sesuai kebutuhan pasar.

Pihaknya juga meminta kepada Forum Komunikasi Kampung Wisata Kota Yogya agarĀ  mampu menciptakan formulasi kreatif yang dapat mensinergikan berbagai program kepariwisataan di Kota Yogya.

"Sehingga ke depan pembangunan pariwisata di Kota Yogya akan semakin optimal, kampung-kampung wisata dapat semakin dikenal," harapnya. (Han)