FKDM Dukung Pencegahan Aksi Kejahatan di Wilayah

Pemerintah Kota Yogyakarta membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di tingkat kelurahan. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta dilaksanakan sosialisasi pentingnya keberadaan FKDM di Kelurahan Terban, Jumat (17/6). Kehadiran FKDM merupakan bentuk dari upaya Pemkot Yogyakarta untuk mendukung pencegahan aksi kejahatan di wilayah Kota Yogyakarta. FKDM hadir untuk melengkapi dari lembaga kewilayahan yang sudah ada.

Kepala Kesbangpol Kota Yogyakarta Budi Santoso menjelaskan FKDM bertugas untuk melakukan deteksi dini terkait potensi ancaman dan bisa membantu pencegahan awal. Sehingga perlu dilakukan pendekatan dan menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan Pemkot Yogya.

“Selanjutnya FKDM ini diharapkan bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah setempat agar bisa saling berkoordinasi dan bermusyawarah jika terjadi kecurigaan di wilayah,” ujar Budi.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak seperti tokoh masyarakat, RT, RW dan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap FKDM agar tercipta komunikasi dan silaturahmi sehingga hubungan ke depannya dapat berjalan dengan baik dalam pemantauan wilayah.

Sementara itu, narasumber sekaligus Ketua Komisi A DRPD Kota Yogyakarta Wisnu Sabdono Putro mengatakan masyarakat memiliki peran dalam melakukan deteksi dini dan lapor dini terhadap potensi gangguan keamanan, ketertiban, dan ancaman di wilayah.

“Harapannya FKDM dapat berperan optimal sehingga masyarakat bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan. Selain itu FKDM juga harus memiliki kemampuan lobby dan negosiasi agar bisa meredam jika terjadi sebuah konflik sehingga tidak terjadi konflik yang berkelanjutan.,” jelasnya. (Chi)