Sunmor Jalan Kerto Inspirasi Wilayah Lain Kembangkan Ekonomi

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kemantren Umbulharjo menggelar kegiatan bertajuk Gelar Potensi UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah yang dilaksanakan di Sunday Morning Kerto (Sunmor Kerto), Jalan Kerto, Kelurahan Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB (19/6). Kegiatan ini digelar melalui Forkom UMKM Kemantren Umbulharjo yang bekerjasama dengan panitia Sunday Morning Jalan Kerto.

Gelar Potensi UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM warga Muja Muju dengan menghadirkan berbagai UMKM di tujuh kelurahan dari Kemantren Umbulharjo. Adapun Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwa Taufiq, Ketua dan Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Kepala KUA Umbulharjo, tokoh masyarakat dan warga Muja Muju hadir dalam kegiatan ini. 

Dalam sambutannya, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro mengatakan bahwa UMKM menjadi motivator penggiat pariwisata di Umbulharjo. Harapannya UMKM tidak hanya bekerja dan atau memasarkan produknya melalui pemasaran-pemasaran formal saja, tapi juga melalui penggiat pariwisata sekaligus juga ikut memasarkan dalam kegiatan kali ini.

“Kami ingin agar nanti UMKM yang ada di Kota Yogyakarta, yang berbasis Gapoktan dan berbasis bank sampah ini digiatkan. Kami sudah beberapa kali menyampaikan ke OPD terkait untuk tidak top-down tapi bottom-up. Kita harus tahu masyarakat ini ingin apa dan ingin mengembangkan apa. Agar apa? Agar kita bisa menyesuaikan. Sehingga gelaran-gelaran seperti hari ini di Jalan Kerto Muja muju menjadi penting dan sesuai bagi masyarakat,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Gelar UMKM tahun 2022 merupakan upaya dalam rangka mendukung perekonomian di masyarakat. Berbagai jenis UMKM dari tujuh kelurahan di Kemantren Umbulharjo mengikuti kegiatan ini, mulai dari kuliner, fesyen hingga tanaman.

“Kegiatan Gelar Potensi UMKM tahun 2022 ini dalam rangka mendukung kegiatan Sunmor yang dilaksanakan setiap Hari Minggu dan mendukung perekonomian yang ada di masyarakat. Harapan kami Gelar Potensi UMKM ini bisa menjadi inspirasi juga di kelurahan-kelurahan lain. Selain itu juga, harapan kami nanti akan ada tempat-tempat strategis di masing-masing kelurahan yang bisa kita kembangkan untuk kegiatan pengembangan ekonomi seperti pada pagi hari ini,” jelasnya.

Gelar Potensi UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah berlangsung meriah. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Gelar Potensi UMKM, Gapoktan dan Bank Sampah oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rajwan Taufiq dengan memukul gong sebagai simbolis.

Sanggar Tari Kirana turut memeriahkan kegiatan ini dengan pentas seni tradisional, yaitu Tari Sesonderan dan Tari Angguk Manis. Selain itu ada juga penampilan organ tunggal dan pembagian undian doorprize berupa voucher belanja dan hadiah menarik lainnya seperti kompor dan kipas angin. Kegiatan ini ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Kemantren Umbulharjo.