Reresik Kali Code Ajak Warga Cintai Sungai

 
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi bersama warga bantaran Kali Code melakukan Reresik Kali Code yang dilaksanakan di Ruas Kali Code Kampung Jogoyudan pada Minggu (19/6). Selain reresik kali, kegiatan ini juga sebagai ajang penanaman pohon agar sekitar sungai tidak terasa gersang. Harapannya dengan kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan warga sekitar terhadap sungai.
 
Berbagai macam pohon ditanam, antara lain buah-buahan, pohon kepel serta pohon air mata pengantin. Harapannya kegiatan ini rutin dilakukan untuk meningkatkan kecintaan warga terhadap sungai dan pentingnya kebersihan sungai. Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan untuk tahun ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggunakan tema 'Satu Bumi untuk Masa Depan' yang bertujuan meningkatkan kesadaran dalam mengambil tindakan positif bagi kelestarian lingkungan.
 
“Menjadi kesadaran bersama bahwa saat ini air sungai di Kota Yogyakarta telah mengalami penurunan kualitas. Ini diakibatkan adanya penumpukan sampah yang ditemukan di sungai,” ujarnya.
 
Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta tahun 2021 sebagian besar penyebab pencemaran air di sungai Kota Yogyakarta adalah pembuangan limbah domestik ke sungai, pemeliharaan ternak di pinggir sungai, pembuangan limbah pelaku usaha ke sungai, serta kurangnya penghijauan sebagai daerah pengatur tata air.
 
“Saya berharap momentum ini dapat menambah semangat kita untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan salah satunya menjaga dan membersihkan area sekitar sungai agar tetap nyaman dan indah dilihat,”jelasnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Pemerti Kali Code sekaligus Ketua Gerakan Cinta Code, Harris Syarif Usman mengatakan persoalan sampah adalah yang menjadi konsen Pemerti Kali Code. Dengan peduli membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon di sekitar Kali Code diharapkan upaya ini dapat menjadikan sungai yang bersih, hijau, indah serta akan banyak wisatawan datang ke bantaran Kali Code.
 
“Kebersihan harus menjadi prioritas kita agar banyak wisatawan yang senang berwisata ke Kali Code. Selain itu penanaman pohon ini dilakukan agar sekitar Kali Code terasa hijau, segar dan nyaman. Ditambah adanya kuliner membuat para wisatawan banyak mengunjungi bantaran Kali Code. Tentunya ini akan mampu meningkatkan ekonomi bagi warga sekitar,” katanya. (Hes)