LPPD Cermin Keberhasilan Daerah Atur Urusan Pemerintahan

Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) merupakan laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran, yang dibuat dalam rangka memberikan laporan pelaksanaan dan gambaran pencapaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Dalam rangka persiapan Evaluasi LPPD yang akan diverifikasi oleh Tim Daerah dan akan divalidasi akhir oleh Kementerian Dalam Negeri, Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pra Evaluasi LPPD di Balaikota, Selasa (21/6).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pencermatan terhadap data Indikator Kinerja Kunci (IKK) beserta bukti dukungnya. Sehingga Tim Penyusun LPPD dapat menyajikan data-data yang valid dan akuntabel sebagai wujud penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kota Yogyakarta.

Dalam penyusunan LPPD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan IKK untuk masing-masing urusan. LPPD menjadi gambaran dari keberhasilan daerah dalam mengatur dan mengurus urusan pemerintahan.

Dalam sambutannya Penjabat (PJ) Walikota Yogyakarta Sumadi menjelaskan Bimtek Pra Evaluasi LPPD ini merupakan langkah awal dalam rangka persiapan Evaluasi LPPD yang akan diverifikasi oleh Tim Daerah dan akan divalidasi akhir oleh Tim Nasional yaitu Kementerian Dalam Negeri..

“Setiap Kepala Perangkat Daerah (PD) dapat melakukan pencermatan yang lebih mendalam agar IKK dalam LPPD Kota Jogja dapat meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Sumadi.

Selanjutnya, LPPD digunakan sebagai dasar Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) dan penilaian, perumusan kebijakan, dan pembinaan yang dilakukan oleh kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian. Sehingga Bimtek Pra Evaluasi LPPD diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan pemahaman peserta dalam mengisi IKK Output (Keluaran) dan IKK Outcome (Hasil) serta adanya bukti dukung yang benar dan valid.

“Kegiatan ini akan menjadi bekal penting dalam menyusun laporan dan mengisi IKK LPPD yang menjadi tanggung jawab PD masing-masing. Sehingga harapannya semua peserta benar-benar memperhatikan dan mengikuti Bimtek ini sampai dengan selesai,” tambahnya. (Chi)