BPBD Kota Yogya Tingkatkan Kualitas Personil TRC


Sebanyak 21 orang mengikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana Kota Yogyakarta, Selasa (21/6) di Ruang Kunthi Lantai 2 Gedung PKK Balaikota Yogyakarta. Mereka terdiri dari personil TRC, petugas Mobil Jenazah, serta staf bidang kedaruratan logistik. Diharapkan usai mengikuti pelatihan semua anggota TRC  mampu melakukan penatalaksanaan bantuan dengan memberikan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) secara tepat.

Materi PPGD ini diisi oleh Kepala Seksi Regulasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Waryono. Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk menekankan kepada anggota TRC bahwa dalam peningkatan kapasitas tiap individu harus dibarengi dengan perubahan yang lebih baik. Sehingga apapun yang dilakukan dapat berjalan secara maksimal. ''Optimalkan komunikasi sehingga diantara anggota dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Hal ini akan mempermudah jikalau ada kejadian bencana di tengah masyarakat dapat tertangani dengan cepat," jelasnya.

Menurutnya, membangun semangat dan kebersamaan tidak lengkap jika tidak melakukannya secara ikhlas lahir dan batin. "Pekerjaan yang dilakukan oleh TRC ini memang tidak mudah. Mereka terus melakukan peningkatan kapasitas agar berjalan dengan lancar. Selain itu, yang dilakukan juga perlu adanya tingkat kemanusiaan dan keikhlasan agar layanan dan respon terhadap kebencanaan pun akan menjadi semakin cepat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Nur Hidayat mengatakan, Ia terus mendukung dan membimbing TRC dalam kegiatannya. ''Semoga dengan mendapatkan penaganan yang cepat dan tepat sasaran, personil lebih perfesional dalam setiap penanganan kebencanaan agar dapat memberikan pelayanan yang prima dalam tanggap kebencanaan," katanya. (Hes)