Kabupaten Simeuleu Pelajari Tata Ruang di Kota Yogyakarta


Jajaran staf dan pejabat dari Pemerintah Kabupaten Simeuleu Provinsi Aceh  melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mendalami penggabungan Perangkat Daerah (PD) Pertanahan dan Tata Ruang. Acara ini disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Kamis (23/6) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

''Terkait kewenangan pada bidang tata ruang ini menjadi penting seiring dengan keperluan di pemerintahan. Terlebih dengan adanya Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogya menjadi lebih konkrit dalam menyelesaikan masalah," ungkap Sekretaris Daerah Kota Yogya Aman Yuriadijaya saat sambutan. 

Menurutnya, jika lemahnya koordinasi tata ruang antar daerah nantinya akan berdampak pada penyimpangan pemanfaatan ruang di wilayah–wilayah tertentu. Maka perlunya pertahanan untuk menyeimbangkannya. 

Khusus Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta berdasarkan atas amanat Undang-Undang tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni Undang-undang Nomor 13 Tahun 2012 yang menegaskan DIY sebagai provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Urusan pertanahan dan tata ruang keistimewaan adalah bagian yang menjadi kewenangan melalui program dan kegiatan keistimewaan yang dijalankan. Selayaknya memang urusan Pertanahan dan tata ruang menjadi satu rumpun khususnya dalam penataan kelembagaan," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Simeuleu Erli Hasim berharap, setelah berkunjung ke Pemerintah Kota Yogyakarta nantinya PD Tata Ruang yang masih bergabung dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa melakukan penggabungan dengan Dinas Pertanahan seperti yang dilakukan oleh Kota Yogyakarta.

"Melihat Kota Yogyakarta ini diharapkan dapat memberikan langkah kami untuk menggabungkan terhadap kedua pekerjaan yang merupakan layanan publik secara langsung. Ini merupakan PD sebagai kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan. Selain itu, nantinya kita akan segera melakukan penataan atau perombakan yang ada di Kabupaten Simeuleu, semoga ini akan segera terwujud," katanya. (Hes)