Fraksi DPRD Kota Yogya Sampaikan Pandangan atas Raperda 2021

DPRD Kota Yogyakarta gelar sidang paripurna pada Jumat (24/6) terkait penyampaian Pemandangan Umum Fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

Sidang yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kota Yogyakarta secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum oleh Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang  Rudiyatmoko. Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta Sumadi hadir untuk menerima pandangan umum dari tiap fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 yang telah disampaikannya pada sidang Jumat pekan lalu.

Terdapat enam juru bicara yang menyampaikan pemandangan umum fraksi yaitu juru bicara dari Fraksi PDIP Ipung Purwandari, Fraksi Nasdem Oleg Johan, Fraksi PAN Indaruwanto Eko Cahyono, Fraksi Gerindra Krisma Eka Putra, Fraksi PKS Triyono Hari Kuncoro, dan Fraksi Golkar Bambang Seno Baskoro.

Juru bicara Fraksi Nasdem Oleg Johan menyampaikan pandangan fraksinya terkait ketercapaian target dari pemerintah pusat di mana Kota Yogyakarta berhasil merdeka vaksin. Hal tersebut dinilai sesuai dengan semangat tema pembangunan tahun 2021 yaitu percepatan pemulihan sosial ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Tercapainya Kota Yogyakarta merdeka vaksin turut mempengaruhi percepatan pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk sejak dua tahun terakhir, di kala pandemi Covid-19 melanda. Pada kondisi ini kami mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah menggerakkan segala potensi yang dimiliki dan tentunya ditopang dengan penggunaan APBD Tahun Anggaran 2021 yang tepat,” ujarnya.

Sementara itu Juru Bicara Fraksi PKS Triyono Hari Kuncoro memberikan apresiasi atas meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2021, setelah sempat menurun di tahun 2020. Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, PAD Pemerintah Kota Yogyakarta mencapai 1 triliyun 707 miliyar 273 juta 267 ribu 342 rupiah 46 sen.

“Fraksi PKS memahami bahwa kondisi pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada pendapatan daerah. Namun di Tahun Anggaran 2021 Pemerintah Kota Yogyakarta terus semakin membaik dan mampu mencapai kenaikan PAD sebesar 5,53 persen dengan realisasi anggaran sejumlah 598 miliyar 121 juta 880 ribu 337 rupiah 87 sen,” tambahnya.

Setelah kegiatan penyampaian Pemandangan Umum Fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2021 akan dilakukan kembali rapat paripurna DPRD Kota Yogyakarta pada Jumat 1 Juli mendatang sebagai penyampaian tanggapan Pj Walikota Yogyakarta atas Pemandangan Umum Fraksi. (Jul)