Gelar Pelajar dan Pemuda Tingkatkan Kepercayaan Diri Generasi Muda

 

Sebanyak 150 peserta yang terdiri dari perwakilan pelajar dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) mengikuti kegiatan Yo Gowes yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Jumat (24/6). Peserta Yo Gowes bersepeda mengelilingi wilayah Kemantren Kotagede. Selain bersepeda bersama, kegiatan ini sekaligus sebagai ajang Gelar Pemuda Pelajar Kota Yogyakarta dalam upaya menyemangati kembali kegiatan-kegiatan olahraga di kalangan pelajar.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan wadah bagi pemuda dan pelajar untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas agar terus berkarya lewat seni dan budaya.  Kegiatan ini diawali dengan bersepeda bersama yang melibatkan para pemuda, perwakilan pelajar dan ASN Kota Yogyakarta untuk tetap menjaga kesehatan. Dalam kesempatan ini Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dindikpora Kota  Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan selain kegiatan bersepeda bersama, Dindikpora Kota Yogyakarta juga melakukan Gelar Pemuda Pelajar yang menyasar kepada para siswa-siswi yang ingin menunjukkan bakatnya, sehingga nantinya diharapkan para pelajar berani tampil dan memberikan karya-karya ke depannya.

"Dengan membuat acara ini sebagai wadah mengekspresikan seni dan prestasi para pelajar dan pemuda Kota Yogyakarta dalam panggung. Kami sediakan dan kami fasilitasi, untuk perwakilan pelaar dari SMP Negeri 9, SD Negeri Kotagede 1, SD Muhammadiyah kleco, dan lainnya perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Pada kegiatan Gelar Pemuda Pelajar ini para peserta menampilkan kepiawaiannya yang dikemas dengan tarian, bernyanyi ataupun penampilan secara grup band. Ia berharap kegiatan ini  sebagai upaya mengembalikan kembali semangat dalam melakukan kegiatan di luar setelah dua tahun lamanya vakum akibat PPKM di Kota Yogya.

"Harapan ke depan, tentu dengan kegiatan positif bagi pelajar dan pemuda Yogyakarta, predikat Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota budaya ini semakin kokoh," katanya.

Sementara itu, salah satu anggota OKP di Kota Yogyakarta Abdi Kuku mengatakan sangat menantikan kegiatan seperti ini. Menurutnya acara Yo Gowes dapat berjalan dengan lancar dan seru. "Kesan saya tentang acara Yo Gowes dan gelar pelajar hari ini, tentu sangat seru sekali. Karena sudah lama di masa pandemi di Kota Yogyakarta jarang melakukan kegiatan outdoor semacam ini," ujar Abdi.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai momen kebangkitan terutama bagi para pelajar dan pemuda agar dapat berkegiatan di luar rumah. Di sisi lain, dulu Kota Yogyakarta menjadi kota gowes yang setelah itu sempat berkurang kini mulai dibangkitkan kembali.  "Untuk gelar pemuda ini sangat seru dan menghibur. Kalau bisa malah dikunjungi dan dilakukan di setiap sekolahan yang ada di Kota Yogyakarta, tidak hanya di SMP tapi hingga SMA dan SMK yang ada di Kota Yogyakarta ini," ujarnya. (Hes)