Pemkot dan Baznas Kota Yogya Gelar Khitan Ceria Anak Sholeh

Pemerintah Kota (Pemkot) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya menggelar acara Khitan Ceria Anak Sholeh Ke-14, Sabtu (25/6) di Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 225 anak se-Kota Yogya yang merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam upaya membantu warga yang kurang mampu. Pelaksanaan khitan dilakukan oleh tim medis dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Ini adalah sebagai wujud pelayanan kesehatan kepada jamaah muslim dan warga masyarakat di Kota Yogya Yogyakarta, serta membantu masyarakat yang kurang mampu," kata Ketua Baznas Kota Yogya, Syamsul Azhari. 

Dalam kegiatan ini, para peserta sama sekali tidak dipungut biaya karena kegiatan tersebut murni sebagai bentuk pelayanan pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan umat beragama Islam, sekaligus perhatian dan pembinaan terhadap anak-anak di Kota Yogya. Acara khitan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Ini adalah acara rutin tiap tahun yang sudah berjalan sebanyak 14 kali," katanya.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik acara khitan ceria anak tersebut. Menurutnya pelaksanaan acara tersebut dapat memberikan harapan besar bagi terbentuknya pribadi anak yang mengedepankan kesempurnaan akhlak. Khitan merupakan kewajiban bagi laki-laki muslim yang harus dilakukan bagi anak-anak yang memasuki masa akil baliq.

"Dari masa inilah mereka akan mengalami berbagai perubahan baik fisik maupun mental. Sebagai generasi penerus, mereka perlu mendapatkan bimbingan agar dapat berperilaku positif dan menghindari tindakan yang kurang terpuji," ujarnya.

Untuk itu, Sumadi berpesan kepada seluruh orang tua agar selalu melakukan pengawasan dan pembinaan kepada anak-anaknya. Anak-anak tetap harus lebih banyak dibina oleh orang tua sehingga bisa terkontrol, terarah dan menjadi manusia yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. (Han)