Warga Kampung Purwodiningratan Deklarasikan Tertib Sosial

Warga Kampung Purwodingratan Kelurahan Ngampilan Kemantren Ngampilan mendeklarasikan komitmen Kampung Panca Tertib (Panertib) pada Minggu (26/6) di Aula SMA Muhammadiyah 5 Kota Yogyakarta. Mereka berkomitmen melaksanakan tertib sosial dengan sepakat tidak berkegiatan yang mengganggu ketentraman warga serta menjadikan Kampung Purwodiningratan bersih, sehat, aman dan nyaman.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta Agus Winarto dalam sambutannya menjelaskan keunggulan inovasi kampung panertib ini menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama serta memberikan ruang partisipasi yang maksimal. Sementara esensi dari inovasi ini adalah memberdayakan, bersinergi dan memadukan potensi yang dimiliki oleh masyarakat.

“Jadi kampung panertib bukan sebuah program yang harus dilakukan sendiri, namun harus bisa bersinergi dengan progam lainnya, misalnya Kampung Tangguh Bencana bisa berkolaborasi dengan Kampung Panertib,” ujar Agus.

Agus menambahkan perilaku tertib merupakan nilai yang akan menciptakan sebuah budaya. Dimana hal tersebut tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. “Dengan terus menggencarkan sikap tertib sejak dini akan tercipta suasana aman, tenteram, damai dan nyaman di lingkungan sekitar,” tambahnya.

Ketua Kampung Purwodiningratan Sugiarto menjelaskan latar belakang kampung yang masih banyak tongkrongan pemuda sering mengganggu masyarakat sekitar, hal inilah yang menjadi fokus untuk mewujudkan tertib sosial.

“Berdasarkan latar belakang yang terjadi di sekitar Kampung Purwodiningratan, telah direncanakan kegiatan pemetaan titik lokasi tongkrongan yang berpotensi kejahatan. Selanjutnya akan dilakukaan sapaan dan tindakan penyadaran kepada tongkrongan yang kegiatannya tidak jelas,” jelas Sugiarto. (Chi)