Tingkatkan Semangat Belajar Pada Anak Lewat Gebyar Literasi Kampung Giwangan

Untuk mengembangkan potensi dan prestasi anak di Kampung Giwangan, Kampung Baca Cakrawala Giwangan berkolaborasi dengan Rukun Kampung Giwangan menggelar gebyar literasi yang bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Yogya.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq menjelaskan kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi Kemantren Umbulharjo.

"Karena belum semua kampung menjadi kampung literasi. Gebyar Literasi Kampung Giwangan ini merupakan kegiatan yang dilakukan kedua kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan secara online karena pandemi," ujarnya, Senin (27/6/2022).

Menurutnya dengan acara tersebut dapat menyiapkan generasi penerus 10 hingga 20 tahun yang akan datang.

"Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampat positif dalam membangkitkan semangat belajar anak-anak," bebernya.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi acara tersebut karena sangat bermanfaat untuk warga masyarakat khususnya warga Kampung Giwangan.

"Meski di tengah pandemi semangat untuk berprestasi harus tetap ada, serta kedepan potensi-potensi yang ada di wilayah harus kita gali secara bersama-sama demi Giwangan yang lebih baik lagi," katanya.

Antusiasme warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sangat luar biasa, terbukti suasana kampung Giwangan yang terihat ramai dan penuh kegembiraan mulai dari anak-anak, pemuda sampai dengan orang tua ikut dan berpartisipai dalam kegiatan ini.

Sementara itu secara terpisah, kordinator kegiatan gebyar literasi, Fajar Nur Rohmad menjelaskan meski acara digelar secara luar jaringan (luring), namun acara tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Fajar mengungkapkan kegiatan tersebut adalah sebuah terobosan yang bisa mewadahi anak anak di Kampung Giwangan agar tetap berprestasi, dan mengeksplorasi potensi mereka.

 "Potensi dan prestasi yang seakan mati suri harus tetap digali, maka diperlukan sebuah terobosan kegiatan yang bisa mewadahinya," bebernya.

Berbagai perlombaan di gelar pada acara tersebut, seperti lomba mewarnai, menggambar, dan konten kreator.

"Berbagai perlombaan seperti lomba content creator, bercerita, menggambar, dan lomba mewarnai, selain itu juga dilakukan launching buletin kampung," bebernya. (Han)