Tingkatkan Komunikasi dengan Tokoh Masyarakat, Bankesbangpol Kota Yogya Rutin Gelar Sosialisasi FKDM di Wilayah

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogya terus optimalkan peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), salah satunya dengan menggelar roadshow sosialisasi FKDM di Wilayah. Ditargetkan pada tahun 2022, sosialisasi tersebut dapat digelar di 45 Kelurahan di Kota Yogya.

Kepala Bankesbangpol Kota Yogya, Budi Santosa mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjalin komunikasi yang baik serta meningkatkan keterlibatan dari tokoh masyarakat dalam mendeteksi dini permasalahan yang muncul di wilayah.

"Maka perlu keterlibatan semua warga khususnya tokoh-tokoh masyarakat dan pemangku wilayah guna membangun komunikasi untuk bersama menemukan solusi permasalahan yang ada," bebernya di Kelurahan Klitren, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogya, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya karakteristik warga Kota Yogyakarta yang beraneka ragam dapat menjadi suatu titik permasalahan yang dapat menimbulkan keadaan yang tidak kondusif.

"Maka dari itu potensi tersebut seyogyanya dapat diredam melalui pendekatan kewaspadaan dini sebagai suatu upaya mengantisipasi konflik yang mungkin terjadi," bebernya.

Budi berharap FKDM ini bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah. Saling berkordinasi dan musyawarah jika ada hal mencurigakan di wilayah.

"Diharapkan FKDM ini bisa berperan optimal untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan," harapnya. (Han)