Jogja Historical Orchestra Menanamkan Jiwa Patriotisme Lewat Seni

Untuk memperingati peristiwa Jogja Kembali, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogya menggelar Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra di Malioboro, Rabu (29/6/2022).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pentas sejarah historical orchestra tahun ini menampilkan kolaborasi orchestra gamelan dengan pertunjukan wayang sejarah yang didukung animasi motion grafis.

"Tahun ini, pentas sejarah Jogja Historical Orchestra mengangkat tajuk spesial yakni Jogja Kembali: Selaras Juang Mataram Menang,", ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disbud Kota Yogya, Ratih Ekaningtyas.

Pihaknya menjelaskan, gelaran tersebut juga untuk memberikan ruang kepada seniman di Kota Yogya.

"Pada perhelatan ini seniman diharapkan menjadi agen dalam menanamkan jiwa patriotisme lewat karya yang ditampilkan," bebernya.

Ratih mengungkapkan pentas sejarah Historical Orchestra merupakan manifesto dari sinergi kebudayaan dan eksistensi Yogyakarta sebagai kota perjuangan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Penonton diajak untuk merasakan suasana pada masa revolusi perjuangan kemerdekaan Indonesia lewat alunan orchestra dan wayang yang ditampilkan," bebernya.

Sementara itu, Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya dengan adanya gelaran tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran sejarah bagi generasi muda.

"Pertunjukan ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah bangsa Indonesia serta sarana dalam menanamkan nasionalisme dalam diri generasi muda," bebernya. (Han)