Terus Berinovasi, PASTY Siap Jadi Destinasi Edukasi

Keberadaan pasar tradisional sebagai salah satu penggerak roda perekonomian masyarakat merupakan salah satu fasilitas vital di kehidupan perkotaan terutama Kota Yogya.

Sehubungan dengan hal tersebut Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya melakukan kunjungan ke Pasar Satwa, Tanaman Hias, dan Ikan Hias Yogyakarta (Pasty).

Dalam kunjungan tersebut pihaknya meminta kepada Dinas Perdagangan Kota Yogya untuk terus melakukan inovasi agar konsumen yang berkunjung di pasar ini terus meningkat.

"Kita sebagai pelayan masyarakat, harus bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, ciptakan pasar yang nyaman, dan aman," bebernya di lokasi, Kamis (7/7/2022).

Selain itu, lanjutnya, juga harus terus mengembangkan banyak program dan wahana guna meramaikan destinasi wisata di Kota Yogya bagian selatan.

Aman juga sempat berdialog dengan para pedagang, Aman meminta agar seluruh pedagang untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan pasar demi kenyamanan dalam berdagang serta menjaga keindahan pasar.

"Menjaga kebersihan dan ketertiban tidak hanya dilakukan oleh petugas dari dinas saja. Para pedagang juga harus aktif bersama-sama menjaga kenyamanan pasar," katanya.

Aman berharap, para pedagang di Pasty juga memiliki kesadaran dan kepedulian yang tinggi untuk membersihkan lingkungan.

"Karena hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya kedatangan pengunjung," bebernya.

Aman mengungkapkan selama ini konsumen yang datang ke Pasty bukan hanya warga Kota Yogya saja, tapi dari luar daerah juga cukup banyak.

"Pasty ini bukan hanya pasar saja yang menjadi tempat transaksi jual beli, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang didalamnya ada unsur edukasi," bebernya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pasty, Agus Purnomo menjelaskan beberapa inovasi yang telah dilakukan di Pasty seperti Pasty Movement Point (PMP), yakni area berkumpul anak muda, di tempat ini juga menyediakan berbagai kuliner yang buka sampai malam hari.

"Ada juga arena bermain skate board, kami sudah menggandeng sejumlah komunitas skating dari kalangan anak muda," bebernya.

Tak sampai disitu, di Pasty juga telah ada wahana permainan anak. Di tempat ini anak-anak tidak hanya mendapat hiburan saja, tetapi juga mendapatkan wawasan tentang hewan dan tumbuhan.

"Dalam waktu dekat juga akan kami aktifkan latihan bersama kicau mania," katanya.(Han)