Pemkot Yogya Serahkan Lima Hewan Kurban

 

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyerahkan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah pada hari Jumat (8/6) di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Total ada lima sapi kurban yang akan diserahkan ke berbagai pihak, tiga diantaranya diserahkan secara simbolis dan sisanya menyusul.  

Hewan kurban tersebut antara lain berasal dari satu sapi bantuan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DIY diserahkan kepada Takmir Masjid Pangeran Diponegoro, satu sapi dari Bank BPD diberikan kepada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cabang Badran Kemantren Jetis.


 
Selanjutnya satu sapi bantuan dari Bank Jogja diberikan ke beberapa OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Satpol PP Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Untuk dua ekor sapi dari Maybank Yogyakarta diberikan ke warga Kota Yogyakarta melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta.

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan, semua kegiatan baik penyembelihan hewan kurban dan pelaksanaan salat Idul Adha harus mematuhi protokol kesehatan walau Covid-19 saat ini melandai. Ia berharap pelaksanaan kedua kegiatan ini dapat terlaksana dengan tertib. 

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran mengenai tata cara penyembelihan dan penggunaan alat pembungkus atau besek karena bahan tersebut ramah lingkungan. Pembungkus ini digunakan untuk tempat daging hewan kurban. Harapannya semua tertib terutama saat melaksanakan sholat Idul Adha dengan mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, untuk Kota Yogyakarta sampai saat ini belum ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Namun pihaknya dan tim akan terus melakukan pemantauan. '' Sapi yang terkena PMK masih layak dikonsumsi tetapi dengan cara diolah yang benar sampai matang," ujarnya.

Pihaknya menambahkan hingga saat ini belum ditemukan PMK pada hewan kurban. "Masih kita pantau PMK pada hewan kurban di Pasar Tiban. Saat ini kita memiliki 142 tim yang akan memantau PMK hingga selesainya Idul Adha," ujarnya.

Hingga saat ini sebanyak 170 titik penyembelihan sudah melapor ke DPP Kota Yogyakarta. Ia berharap masyarakat bijak dalam memilih hewan kurban yang akan dibeli, sehingga aman untuk dikonsumsi. (Hes)