Jogja Corpu Tingkatkan Kompetensi ASN Pemkot Yogya

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta akan mengembangkan Jogja Corporate University (Corpu) yang dapat diibaratkan sebuah kampus dengan model pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jogja Corpu sebagai media pembelajaran juga telah terintegrasi di aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Nantinya juga akan dikembangkan website Jogja Corpu yang diisi berbagai konten pembelajaran pendidikan dan latihan (diklat) yang mendukung dan sesuai kebutuhan dari jabatan masing-masing ASN.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dalam kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Jogja Corporate University (Jogja Corpu) di Hotel Ibis Style Yogyakarta, Senin (11/7).

“Kehadiran Jogja Corpu bukan sebagai beban namun sebagai salah satu keuntungan dan hak yang diberikan kepada ASN Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempermudah menjalankan kewajiban,” ujar Aman.

Aman menjelaskan Jogja Corpu nantinya akan menjadi ruang interaksi yang bersifat lintas sektor yang bersinggungan dengan pembangunan daerah jangka menengah. Jogja Corpu juga akan berisi berisi konten yang lengkap dan materi literasi yang cukup untuk kebutuhan ASN. 
“Harapannya, para sekretaris Perangkat Daerah berkontribusi dalam mengisi konten maupun materi-materi yang relevan dengan jabatan maupun kebutuhan dari masing-masing perangkat daerah,” tambahnya.

Kepala BKPSDM Kota Yogyakarta Dedi Budiono menjelaskan tujuan Jogja Corpu antara lain meningkatkan indeks profesionalitas ASN, meningkatkan kapabilitas individu dan meningkatkan kapasitas organisasi.

“Pengembangan individu harus jelas, pelatihan-pelatihan harus sesuai dengan kebutuhan individu dan pimpinan harus bertanggung jawab atas individu di masing-masing perangkat daerah,” katanya.

Dedi menambahkan Jogja Corpu akan mampu mendorong kesadaran para ASN untuk belajar secara mandiri dari mana saja dan kapan saja. Sehingga, ASN dengan kompetensi yang baik akan memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat. (Chi)